Ada 34 Pelanggaran Selama Pilkada - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ada 34 Pelanggaran Selama Pilkada

Ada 34 Pelanggaran Selama Pilkada

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 Juli 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Sepanjang tahapan Pilkada Kabupaten Purwakarta lalu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mencatat ada sebanyak 34 laporan maupun temuan dalam pesta demokrasi tersebut.

Ketua Panwaslu Purwakarta, Oyang ST Sfil mengungkapkan, dari 34 laporan dan temuan itu rata-rata berpotensi pidana. Namun setelah dibahas bersama Gakkumdu, tidak ada yang terpenuhi unsur pidana, sehingga akhirnya dihentikan. "Diluar pidana juga ada yang kode etik dan administratif. kode etik bahkan hanya satu, dan itu sudah di rekomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," ujarnya.

Ia mengatakan, dari 34 itu hanya enam yang sifatnya laporan, sementara sisanya adalah temuan. Ini membuktikan, bahwa proses pengawasan dilapangan itu dilakukan.  Kemudian untuk partisipatif masyarakat dalam pilkada serentak 2018 di Purwakarta cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan pelanggaran yang terjadi itu berawal dari masyarakat, kemudian minimnya pelanggaran dalam prespektif Panwas menunjukan bahwa upaya pencegan yang dilakukan cukup berhasil."Dan kedepan kita juga akan mengedepankan pencegahan dari pada upaya penanganan," pungkasnya.

Selain itu, terkait pelanggaran administratif, ada beberapa kasus yang menyangkut kerja penyelenggara ditingkat PPS dan  KPPS. Untuk itu pihaknya merekomendasikan kepada KPU untuk tidak digunakan lagi pada pileg dan pemilu 2019. Mereka ada hal yang kurang kecermatan dan lainnya, sehingga kita rekomendasikan untuk diganti," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template