843 Mahasiswa UBP KKN di 4 Kecamatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 843 Mahasiswa UBP KKN di 4 Kecamatan

843 Mahasiswa UBP KKN di 4 Kecamatan

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Juli 2018 | 16.14.00

KARAWANG, RAKA - Asda II Bidang Pembangunan Kabupaten Karawang Ahmad Hidayat melakukan pelepasan perdana 843 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP). Ratusan mahasiswa itu akan ditempatkan di Kecamatan Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Ciampel dan Kecamatan Pangkalan.
Sementara sejumlah mahasiswa peserta KKN UBP menyambut antusias pelepasan tersebut. "Alhamdulillah, saya masuk di wilayah Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel. Di dessa itu nanti kita akan praktikan program kerja Desa Bersih dan Desa Bebas Sampah serta penghijauan," ucap mahasiswa UBP Muhamad Jawir Rifai (23) Senin (2/7) disela-sela pelepasan yang dilakukan di Plaza Pemkab Karawang.
Dikatakan Jawir, pihaknya sangat bersemangat untuk membantu masyarakat khususnya yang tidak mampu dan kurang perhatian dari pemerintah, minimal dari bidang kesehatan. "Kami ingin punya data orang-orang yang tidak mampu dan tidak difasilitasi pendidikannya untuk memperoleh beasiswa ke sekolah SD dan SMP," ujarya.
Sedang data orang-orang yang menjadi target program itu, terang Jawir, akan dibawanya kepada pemerintah daerah untuk diajukan supaya mendapatkan bea siswa. "Banyak data yang tertukar dari orang yang mampu dan tidak. Dan kita juga sudah siapkan di desa itu apotek alam, mudah-mudahan bisa direalisasikan," katanya, dan menjelaskan kalau apotek alam itu bisa dibuat dari hasil tumbuhan yang akan jadi obat.
Rektor UBP Karawang Dr. H. Dedi Mulyadi SE, MM menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan secara perdana oleh UBP itu dilaksanakan di 30 desa dari 4 kecamatan. Diharapkan bisa menjadi pembelajaran mahasiswa untuk meperaktekan hasil kuliah mereka. "KKN itu bukan untuk mengajari masyarakat, tetapi mempraktikan hasil kuliah kepada masyarakat, sesuai tema KKN ini yaitu partisipasi masyarakat di semua aspek," katanya.
Disampaikan Dedi juga, dengan dilaksanakannya KKN yang tidak jauh dari kampus UBP sendiri dikarekan, pihaknya ingin memperkenalkan kepada masyarakat Karawang khususnya, untuk bagaimana para mahasiswanya melaksanakan tugas lapangan ke masyarakat. "Kami punya program farmasi dan lebih mengarah kepada obat dari alam Indonesia dan itu sudah sesuai jika ada mahasiswa yang akan mempraktikan hal tersebut, karena mahasiswa diarahkan sentralnya kepada masyarakat supaya tahu dalam memberdayakan alam untuk dijadikan obat," ujarnya.
Ketua pelaksana KKN Dr. Sungkono SE MM menyampaikan bagi mahasiswa yang sudah diterjunkan kelapangan tidak harus menggurui masyarakat tetapi lebih menyingkronkan ilmu yang ada di kuliah dan melaksanakan di lapangan secara langsung mengurui permasalahan yang terjadi. "Mahasiswa harus memotivasi masyarakat bagaimana partisipasinya dalam pembangunannya disegala bidang. Jangan sampai masyarakat mau menerima begitu saja akan adanya program dari pemerintahan, tetapi mahasiswa harus bisa menggerakan masyarakat agar lebih aktif melakukan pengawasan," katanya.
Mahasiwa yang diberangkatkan KKN, terang Sungkono, mulai dari program Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, Fakultas Manajemen, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Teknik dan Ilmu Komputer serta Fakultas Kejuruan dan Ilmu Pendidikan. "Pengiriman mahasiswa KKN ini sesuai visi UBP menjadi perguruan tinggi yang kompetitip dan berwawasan internasional," katanya.
Sementara Asda 2 Ahmad Hidayat mewakili Bupati Karawang menyampaikan, banyak hal yang akan dilihat mengenai kehidupan sosial yang tidak dikenal dikampus. "Kami yakin degan adanya KKN itu dapat mempengaruhi masyarakat, manfaatkan KKN agar kehadiran mahasiswa dapat menjadi pemberitahuan kepada masyatakat, baik dari segi ekonomi maupun budaya," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template