668 Ribu Pemilih Pemilu 2018, Hasil Perbaikan Data - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 668 Ribu Pemilih Pemilu 2018, Hasil Perbaikan Data

668 Ribu Pemilih Pemilu 2018, Hasil Perbaikan Data

Written By Admin Raka on Selasa, 24 Juli 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Komisi Pemilihan umum Kabupaten Purwakarta merilis berita acara rekapitulasi penyusunan Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPS dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu 2019. Senin (23/7) Hasilnya, dari 192 desa dan kelurahan di Kabupaten Purwakarta ada sekitar 2.619 TPS. Dengan jumlah pemilih 668.017 yang terdiri dari 335.621 pemilih pria dan 332.396 pemilih perempuan. Sebelumnya, KPU Purwakarta telah melaksanakan pleno penetapan DPSHP untuk Pemilu 2019 yang dihadiri perwakilan PPK, Panwascam, Panwaslu, perwakilan partai, Disdukcapil, KIPP dan Kesbangpol Kabupaten Purwakarta, di Hotel Harper, Bungursari, akhir pekan lalu.

Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana mengatakan, DPS ditetapkan berdasarkan hasil pemutakhiran yang dilakukan PPS dengan cara DPT pilkada ditambah pemilih pemula lalu dilakukan pemetaan TPS dengan rasio pemilih per TPS sebanyak maksimal 300 pemilih. "Sudah kita plenokan, kemarin," ujar Ramlan.

Sementara, Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta Oyang Este Binos mengatakan, DPS dan DPT pemilu mendatang dipastikan lebih akurat karena berbasis aplikasi Sidalih "Namun demikian, hal ini juga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk tetap dilakukan pengawalan. Terlebih partai politik yang notabene punya kepentingan di pemilu mendatang," tandasnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat Purwakarta yang belum tercantum dalam daftar pemilih tersebut, diminta untuk segera melapor ke PPS di wilayah setempat, agar bisa dimasukan dalam daftar tersebut, sebelum DPT ditetapkan pada 20 Agustus 2018 mendatang. "Terlebih, para pemilih yang pada pilkada tempo hari hanya masuk sebagai pemilih tambahan dan tidak masuk dalam DPT, diharapkan untuk segera melapor ke PPS," ujar Oyang.

Selain itu, KPU melalui PPS diminta segera menempelkan DPSHP tersebut di masing-masing desa dan kelurahan. "Agar masyarakat bisa memantau langsung, apakah namanya sudah masuk dalam daftar sebagai pemilih di Pemilu 2019 atau belum," katanya.

Panwaslu Purwakarta juga menyoroti penggunaan aplikasi Sidalih yang harus lebih dioptimalkan lagi. "Sidalih harus dioptimalkan agar kualitas DPT Pemilu 2019 lebih bagus dibanding DPT sebelumnya," pungkasnya  (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template