6.597 Warga Wancimekar Miskin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 6.597 Warga Wancimekar Miskin

6.597 Warga Wancimekar Miskin

Written By Admin Raka on Jumat, 13 Juli 2018 | 14.45.00

KOTABARU, RAKA - Angka kemiskinan di Desa Wancimekar masih tinggi. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya warga Wancimekar yang mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Rusmini (33), Bagian Umum Desa Wancimekar menyampaikan, dari jumlah penduduk Desa Wancimekar sebanyak 15.677 jiwa, 6.597 diantaranya termasuk dalam kategori miskin. "Berdasarkan penerima Jamkesmas/PBI-JKN sebanyak 4.016 jiwa dan penerima Jamkesda atau Karawang Sehat sebanyak 860 jiwa," ujar Rusmini, saat ditemui di balai desa, Kamis (12/7).

Asdi (50), warga Kampung Karajan, Desa Wancimekar yang merupakan salah satu warga miskin menyampaikan, penghasilan rata-rata perhari hanya Rp10.000 – Rp15.000. Ia mengaku hidup dengan 1 orang putrinya yang masih duduk di bangku kelas IX SMP, namun ia pesimis anaknya bisa lulus bahkan bisa melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebiih tinggi. "Saya belum bisa melunasi biaya daftr ulang putri saya sebesar Rp230.000," ujar Asdi yang berprofesi sebagai buruh serautan saat ditemui di rumahnya. 

Ketika ditanya perihal bantuan dari pemerintah, Asdi mengakui bahwa ia pernah mendapatkan bantuan dari pemerintahan desa dalam bentuk renovasi rumah. Meski demikian, ia berharap adanya bantuan untuk pembuatan sumur pantek guna keperluan sehari-harinya. "Selama ini saya mendapatkan air untuk keperluan sehari-hari minta sama tetangga," ujarnya.

Wawan (35), Kasi Trantib Desa Wancimekar menyampaikan, desa tempatnya bekerja memang merupakan desa yang penduduknya masyarakat miskinnya cukup banyak. Hal tersebuut dikarenakan Desa Wancimekar bukan daerah perkotaan dan hanya mengikuti program-program dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat saja. "Selama ini pihak desa hanya mengikuti program-program yang sudah ada atau yang diberikan, baik oleh pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat," ujarnya.
Sementara Kepala Desa Wancimekar, Alih Miharja membantah bahwa penduduknya masih banyak yang masuk dalam kategori warga miskin. Karena menurutnya jumlah yang tercantum dalam profil desa tersebut bukan jumlah masyarakat yang dikategorikan sebagai masyrakat miskin. "Itu hanya dicantumkan berdasarkan penerima Jamkesmas dan Jamkesda saja

nyatanya jumlah masyarakat miskin yang ada di Desa Wancimekar hanya ada 529 Kepala Keluarga (KK) berdasarkan dari penerima raskin," bebernya.

Namun, tambah Alih, setelah diverifikasi lagi, jumlah masyarakat miskin saat ini ada sekitar 380 KK, hal itu dilihat dari penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Meski demikian, ia juga mengakui selaku kepala desa belum mampu memberikan solusi untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di Desa wancimekar. Karena selama ini pihaknya hanya mengikuti dan menjalankan program yang ada dari pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat. "Selama satu tahun ini sudah ada 5 rumah di Desa Wancimekar yang direnovasi melalui program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan saat ini sedang mengajukan untuk 20 rumah," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template