25 Siswa SMK Texar Terbang ke Jepang, Ada Apa Nih? - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 25 Siswa SMK Texar Terbang ke Jepang, Ada Apa Nih?

25 Siswa SMK Texar Terbang ke Jepang, Ada Apa Nih?

Written By Admin Raka on Selasa, 10 Juli 2018 | 16.00.00

KLARI, RAKA - Sebanyak 25 orang siswa dari SMK Texar diberangkatkan magang ke Negara Jepang. Pasalnya SMK Texar dianggap layak oleh SMKN 1 Karawang yang menjadi induk program pemagangan siswa SMK ke Negara Jepang.

"Alhamdulillah pada tanggal 5 Juli kemarin perdana di tahun ini SMK Texar dijadikan mitra oleh SMKN 1 Karawang untuk program magag ke Jepang," ujar Sismanto, Kepala Praktik Kerja Industri (Prakerind) SMK Texar Klari, kepada Radar Karawang di ruang BKK, Senin (9/7).

Dia menyampaikan, SMK Texar Klari baru pertama kali mengirimkan siswanya magang ke Jepang. Ditargetkan 100 orang pemagang yang dibrangkatkan ke Jepang untuk SMK Texar Klari, karena sebagai bentuk pemerataan program dan penilaian dari SMKN 1 Karawang untuk para siswa yang diberangkatkan. "Tadinya pihak SMKN 1 Karawang meminta 100 siswa, tapi kami hanya sanggup 25 siswa terlebih dahulu. Karena ini baru tahap awal SMK Texar melaksanakan Program ini," tambahnya.

Menurutnya, serangkaian seleksi pun dilakukan SMK Texar kepada para siswanya untuk menemukan 25 orang yang terbaik dengan melakukan tes fisik dan kesehatan badan. Semua yang ikut program pemagangan itu merupakan siswa kelas 12, siswa yang lulus tidak langsung diberangkatkan ke Jepang, tapi ikut diklat terlebih dahulu di Purbalingga. "Para pemagang ini akan melakukan diklat selama 4 bulan di Purbalingga untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan di Jepang," ujarnya.

Oleh karenanya, tambah Sismanto, seleksi yang ketat ini menjadi poin penting agar para pemagang bisa menyesuaikan diri dengan budaya, bahasa, cuaca dan keseharian masyarakat Jepang. "Karena para siswa ini akan magang di Jepang selama 3 tahun, jadi diklat dan seleksi ini harus ketat soalnya para pemagang akan jauh dari keluarganya," ujarnya.

Nilai lebih pun akan didapatkan para pemagang, dimana mereka akan mudah mencari kerja di perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia. Pasalnya para pemagang ini akan mendapatkan sertifikat khusus magang yang bisa dipergunakan setelah selesai melaksanakan program magang di Jepang. "Para pemagang yang sudah selesai melaksanakan program ini pun akan mudah kembali masuk di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, karena mereka sudah dibekali kemampuan pada saat diklat dan tes negara," bebernya.

Program magang ke Jepang ini pun akan dilaksanakan setiap tahun, dimana SMK Texar sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk melaksanakan seleksi dengan memberikan pelatihan dan motivasi kepada para siswanya agar program ini terencana dengan matang dan bisa memberangkatkan sesuai kuota yang diminta atau bahkan lebih. "Mudah-mudahan saja pada tahun selanjutnya para siswa ini bisa diberangkatkan sesuai kuota, dimana kami telah memeprsiapkannya jauh-jauh hari. Bahkan pada penerimaan siswa pun kami akan promosikan program ini," pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template