20 Calon Buruh Pabrik Tertipu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 20 Calon Buruh Pabrik Tertipu

20 Calon Buruh Pabrik Tertipu

Written By Admin Raka on Kamis, 26 Juli 2018 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Sulitnya mendapatkan pekerjaan di Kabupaten Karawang, ternyata dimanfaatkan oleh para penipu untuk menjerat mangsanya. Caranya, si pelaku menjanjikan pekerjaan kepada para calon korban, dengan syarat membayar sejumlah uang.

Seperti yang dilakoni AR (42) warga Dusun Ciherang RT 01 RW 07, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur. Sejak tahun 2015, dia berhasil menipu puluhan orang. Sedangkan keuntungan dari aksi penipuan itu mencapai Rp 69 juta. "Sudah ada 20 korban, jaraknya yang saya lakukan satu bulan itu satu kali," tuturnya kepada Radar Karawang, Rabu (25/7) kemarin.

Ia melanjutkan, para korban tidak sekaligus diambil uangnya. Melainkan dicicil agar mereka percaya akal bulusnya. "Mintanya untuk dana awal ratusan (ribu rupiah) saja. Ada yang Rp 500 ribu, ada juga satu juta. Satu orang sampai kira-kira Rp 3 juta rata-rata," terangnya.

Sempat menjadi pegawai desa tahun 2005, menjadi modal AR melakukan penipuan. Untuk memuluskan aksi kejahatannya, AR memalsukan berbagai dokumen, hingga meminjam kaos BUMDes ke mertua. "Saya kan pengangguran, jadi uang buat istri saya," terangnya.

Parahnya, sebagian uang yang diperolehnya itu, dihabiskan untuk foya-foya bersama wanita penghibur. "Dulu saya kerja sebagai aparat desa, jadi tahu surat-surat," ucapnya.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya menyampaikan, modus operasi yang dilakukan oleh pelaku yaitu dengan menjanjikan korban bisa diterima di berbagai perusahaan. "Dari pemeriksaan sementara, dalam satu korban bisa meraup uang mencapai 5 sampai 6 juta," tandasnya
Dari pengakuan AR, kata Slamet, dirinya mengaku telah membohongi 20 orang dari Karawang. "Pelaku kena pasal penipuan 378 KUHPidana dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template