13 Tahun Jadi Honorer K2, Digaji Alakadarnya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 13 Tahun Jadi Honorer K2, Digaji Alakadarnya

13 Tahun Jadi Honorer K2, Digaji Alakadarnya

Written By Admin Raka on Jumat, 06 Juli 2018 | 12.30.00

Sophan Hanya Mengandalkan Uang Jasa dari Camat


TEGALWARU, RAKA - Bukan saja guru honorer yang berharap bisa diangkat menjadi PNS, tenaga honorer kategori dua (K2) yang bertugas di kantor kecamatan di wilayah Kecamatan Tegalwaru, mengharapkan hal serupa.

Sophan Sopian misalnya. Honorer K2 yang sudah bekerja 13 tahun di kantor kecamatan hanya diupah alakadarnya. Gaji resmi tentu tidak ada. Bapak dua anak itu hanya mengandalkan jasa yang diberi oleh setiap kepala seksi, sekretaris kecamatan bahkan camat. "Dulu saya kerja di kantor Kecamatan Pangkalan. Sekarang beralih ke Kecamatan Tegalwaru," ungkapnya kepada Radar Karawang, kemarin.

Ia melanjutkan, Undang Undang No 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara membuat sejumlah tenaga K2 merasa kesal. Karena undang-undang itu mengganjal pengangkatan K2 menjadi PNS yang dulu pernah digembargemborkan pengangkatan pegawai negeri tanpa seleksi. Tapi dilihat dari masa kerja. "Semua harus ditelan pahit oleh sejumlah K2 yang kini masih aktif bekerja," tuturnya.

Meskipun tanpa upah resmi, dia tetap menjalani melayani masyarakat. Sophan tetap mensyukuri rezeki yang diterimanya. Meski dalam hitungan matematika masih jauh dari kata cukup. "Kadang selain ada pemberian jasa yang dikasih seikhlasnya, saya juga sambil membantu beberapa staf dan kasi di kecamatan. Dari situlah saya dapat rezeki," harapnya.

Pria yang diketahui warga Desa Cintalanggeng, itu berharap kepada pemerintah agar tenaga honorer K2 bisa mendapatkan upah yang layak, sehingga dalam peningkatan kerja dan pelayanan terhadap masyarakat bisa berjalan dengan baik. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template