Woow.... Disdukcatpil Ladeni 6.150 Pemohon dalam Seminggu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Woow.... Disdukcatpil Ladeni 6.150 Pemohon dalam Seminggu

Woow.... Disdukcatpil Ladeni 6.150 Pemohon dalam Seminggu

Written By Mang Raka on Jumat, 29 Juni 2018 | 17.54.00

KARAWANG, RAKA - Sepekan ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) sudah melayani sekitar 6150 warga, baik Karawang maupun luar Karawang yang melakukan kepengurusan dokumen kependudukan.
"Dari total 6150 warga yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan, rata-rata mengurus surat pindah dan datang, Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan (suket)," ujar Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Disdukcatpil Dwi Agus, kamis (28/6).
Dikatakan Dwi secara aturan bidangnya yang mengatur tentang datang dan pindahanya warga dari satu tempat ke tempat lain. "Di Karawang tidak ada batasan warga yang masuk dan juga pindah. Namun kita suka melakukan operasi yustisi melihat potret para pendatang yang masuk ke Karawang, dan itu banyak terjaring," katanya.
Dikatakan Dwi, orang-orang yang terjaring operasi yustisi merupakan warga pendatang dari luar Karawang yang akan mencari kerja di pabrik di Karawang. "Saat kena operasi banyak yang mengaku akan kerja saja, tapi tidak tinggal menetap di Karawang dengan alasan kerjanya menggunakan sistem kontrak, sehingga orang yang bersangkutan tidak mau merubah domisi asalnya ke Karawang," ujarnya.
Mengantisipasi akan banyaknya pendatang ke kota Karawang, Disdukcatpil sendiri hanya sebatas untuk mengingatkan agar melakukan kepengurusan dokumen untuk dapat dipermudah. Semisal dilakukan pengurusan seperti BPJS dan lainnya. "Kita setiap operasi seperti beberapa waktu lalu, di terminal Klari hanya bisa memberikan sosialisasi untuk mengurus dokumen kependudukan dari wilayah asal," katanya.
Sementara itu, Kasi Pindah Datang Disdukcatpil Karawang Sumingan menyampaikan, jika warga luar karawang sampai saat ini jumlahnya lumyan banyak dari setelah lebaran. "Totalnya yang melakukan pendaftaran Ke Disdukcatpil itu ada 324, dari awal masuk usai lebaran sampai hari ini (kemarin,red)," ucapnya.
Namun sampai saat ini jumlah tersebut semakin menurun, karena kata Sumingan mereka setelah memasuki kerja sudah pasti akan fokus kepada pekerjaan tanpa ada pengurusan dokumen. "Secara  aturan di Karawang tidak ada yang datang untuk melakukan pemindahan, namun usul kami kalau bisa langsung melakukan surat pindah. Kami menganjurkan untuk tinggal di karawang. hal itu agar dapat memudahkan yang bersangkutan untuk membuat dokumen yang dibutukan seperti BPJS tanpa harus pulang kampung terlebih dahulu," katanya. (apk)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template