Wisatawan Turun 30 Persen - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wisatawan Turun 30 Persen

Wisatawan Turun 30 Persen

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Juni 2018 | 14.15.00

TEGALWARU,RAKA -  Libur panjang Lebaran 2018 tidak hanya dimanfaatkan masyarakat untuk mudik. Namun, juga digunakan untuk berwisata, akibatnya volume kendaraan melonjak di jalan akses menuju tempat wisata. Namun sampai kemarin, wisatawan yang berlibur di wilayah Karawang Selatan itu mengalami penurunan hingga 30 persen.

Pantauan Radar Karawang, satu hari selepas lebaran, jalan utama Curug Cigeuntis dipenuhi wisatawan, kemacetan pun cukup sulit dihindari. Titik kemacetan terjadi di pertigaan arah Desa Wargasetra karena menjadi akses menuju mini green canyon, Desa Medalsari Kecamatan Pangkalan. Kenudian di Pasar Tradisional Loji ke arah Puncak Pinus Desa Cintawargi dan ke arah Curug Cigeuntis, Mekarbuana laju kendaraan juga terhambat karena aktivitas pasar Loji dan warga sekitar yang hendak mencari keperluannya di Pasar tersebut. "Kalau intensitas kendaraan yang hendak ke objek wisata memang dari hari pertama selepas lebaran mengalami peningkatan kang, cuma tidak banyak seperti hari ini dan sementara sejauh ini kemacetan belum begitu berarti tidak seperti lebaran tahun lalu," beber Kasi Trantib Kecamatan Tegalwaru, Kiki Baehaki, kepada Radar Karawangm Rabu (19/6).

Menurutnya, banyak pengendara yang kurang mentaati peraturan diantaranya banyak yang kebut-kebutan. Padahal di setiap titik yang banyak digunakan aktivitas warga sudah diberi marka jalan oleh pihak kecamatan yang bekerjasama dengan Karang Taruna Kecamatan Tegalwaru.

Sementara di tempat berbeda, salah satu pengunjung Curug Cigeuntis, Isyana (19) yang merupakan warga Telukjambe Timur menyampaikan, ingin mengisi waktu libur di tempat wisata yang dekat. Karena jika berlibur terlalu jauh khawatir terjebak macet. "Kalau disini kita bisa menempuh waktu yang tidak terlalu lama, jarak rumah ke sini hanya beberapa menit saja, meski jalanannya ramai, tapi tidak macet, malahan kemacetan hanya di titik pusat keramaian seperti pasar dan pertigaan saja, itu pun tidak sampai berlama-lama. Kalau saya lihat di tv, obejk wisata yang ada di beberapa wilayah macetnya cukup parah. Terus hari Kamis saya sudah mulai bekerja lagi," kata salah satu karyawan di kawasan industri yang baru bekerja beberapa bulan itu.

Cerita berbeda dengan apa yang di utarakan RPH Perum Perhutani Wilayah Kecamatan Pangkalan, Handri, bahwa jumlah kunjungan wisatawan alami penurunan. Bahkan penurunan jumlah kunjungan cukup drastis. Dari estimasi Perum Perhutani diperkirakan hingga 30 persen di banding lebaran tahun lalu. "Jumlah kunjungan sampai  H + 4 berjumlah 3000  wisatawan yang datang berkunjung ke Curug Cigeuntis dan objek wisata Perum Perhutani. Enggak tahu kenapa, yang jelas ramainya jumlah kunjungan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, saya berharap jumlah kunjungan akan terus meningkat," harapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template