Waspadai Makanan Kadaluarsa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspadai Makanan Kadaluarsa

Waspadai Makanan Kadaluarsa

Written By Admin Raka on Senin, 11 Juni 2018 | 17.30.00

KARAWANG , RAKA - Pemerintah Kabupaten Karawang diminta waspadai makanan dan minuman kadalurasa. Untuk itu Dinas Kesehatan diharapkan melakukan pantauan ke setiap parsel yang dijual di toko-toko dan supermarket yang biasanya digunakan masyarakat sebagai pelenggap Tunjang Hari Raya.

Ketua LSM Gerakan Masyarakat Sehat Sejahtera (Gema Setara) Karnadi Adi Kusuma mengatakan itu, kemarin. LSM ini
mensinyalir momentum menjelang lebaran ini banyak parcel yang dikhawatirkan telah kadaluarsa, demikian juga dengan jajanan untuk berbuka puasa. "Kita berharap seksi Pengawas Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Karawang untuk intensif melakukan pemeriksan dan pengecekan di lapangan," ucapnya.

Bahkan dengan tegas, Karnadi yang pernah mengenyam pendidikan Magister Hukum Kesehatan dan Magister Hukum pidana ini meminta kepada dinas-dinas terkait lainnya selain kepada Dinkes yakni harus ada upaya represif terhadap pedagang yang melanggar ketentuan dan melakukan tindakan cepat dan sanksi. "Memang terbukti diketemukannya dalam makanan atau minuman menggunakan zat berbahaya termasuk parsel-parsel kadaluarsa maka segera tarik dari peredaran karena rugikan konsumen," ucapnya.

Di tempat terpisah anggota DPRD Kabupaten Karawang dari Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura)  H. Empuy mengingatkan masyarakat, menghadapi akhir ramadan harus teliti dengan budaya saling mengirim parsel kepada keluarga dan rekan hendaknya lebih teliti. Terlebih kini berbagai macam jenis makanan dan minuman dalam kemasan dengan berbagai cara pengemasan. Dan dirinya pun berharap waspadai tanggal dan usia makanan. Dirinya menyampaikan agar mau peduli dengan keadaan makanan dan minuman sehingga tidak membahayakan bagi yang mengkonsumsinya.

Empuy bahkan berharap kepada pemerintah agar melakukan pemeriksaan terhadap setiap toko, kios, swalayan dan departement-departement store yang menjual makanan dan minuman karena hal itu dipandang perlu dalam rangka menghadapi idul fitri. Dirinya pun menyarankan agar, Disperindag segera mulai sidak ke pasar-pasar rakyat dan pasar modern dalam rangka pengawasan namun bukan hanya makanan kemasan tetapi secara umum kebutuhan sembilan bahan pokok masyarakat seperti daging, telur, beras dan minyak harusnya menjadi perhatian dan tanggung jawab pemerintah.

"Ini kan momen yang tepat agar masyarakat aman dan nyaman dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Karena khawatir ada orang yang tidak bertanggung jawab malah memanfaatkan momentum lebaran demi mencari keuntungan sendiri, akhirnya berbuat curang sehingga merugikan masyarakat," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template