Warga Cemas Daging Sapi Rp 150 Ribu/Kg - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Cemas Daging Sapi Rp 150 Ribu/Kg

Warga Cemas Daging Sapi Rp 150 Ribu/Kg

Written By Admin Raka on Selasa, 12 Juni 2018 | 15.00.00

Sekarang Masih Rp 130 Ribu/Kg

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Perkiraan harga daging sapi mencapai level harga tahun sebelumnya di kisaran Rp 140.000 - Rp 150.000/Kg agaknya mulai terbukti. Sekarang saja harga kebutuhan pokok itu sudah tembus angka Rp 130.000/Kg. Untuk itu tidak sedikit masyarkat yang membeli dagaing sapi itu sekarang ketimbang menunggu harganya naik kembali.

Sebelumnya harga daging sapi masih menyentuh angka Rp 120.000/kg dari harga sebelumnya di kisaran Rp 100.000 - Rp 110.000/kg, saat ini harganya sudah mencapai Rp 130.000/kg , dan diperkirakan akan terus merangkak naik. Seperti yang nampak di lingkungan pasar Wadas Lemahabang Senin (11/6). Daging sapi yang langsung disuplai dari Rumah Pemotongan Hewan (RTH) di wilayah Cikampek ini, dikeluhkan para pembeli lantaran harganya yang semakin tinggi.
"Baru berselang seminggu saja harganya sudah naik dari Rp 120 ribu sekarang jadi Rp 130 ribu perkilogramnya, apalagi lebaran masih H-4, kenaikan mungkin masih akan terjadi menjadi Rp 135-140 ribu perkilogramya," Ujar Tika (40) Warga Desa Pulosari saat belanja daging.

Sementara itu, pedagang daging sapi Pasar Wadas Nacep mengatakan, tingginya daging saat ini karena harga kirimnya dari RTH Cikampek juga sudah tinggi. Sehingga kalau dipasaran harganya tidak menyesuaikan, pedagang akan merugi, untuk itu perubahan harga secara singkat jelang Idul Fitri ini disebabkan karena memang hukum pasar yang sedang ramai-ramainya jelang hari raya.

Untuk itu, soal harga sebut Nacep, tidak ada spekulasi dan lainnya, tapi murni menyesuaikan dengan harga sejak di RTH. Sebab daging yang disediakan adalah daging segar yang baru dipotong, beda dengan daging beku atau impor yang mungkin bisa lebih rendah harganya. "Semua pedagang seragam harganya, ya karena memang mendekati idul Fitri, dan permintaan juga banyak," katanya.

Kepala Bulog Sub Divre Karawang-Bekasi Sulais mengatakan, harga daging diakuinya mahal menjelang lebaran, tapi Bulog sudah menyediakan daging impor beku seharga Rp 70 ribu per kilogram. Penjualannya sendiri lewat RPK dan Operasi Pasar Murah, dan  Operasinya dilakukan secara mobile, bekerjasama dengan Pemkab. "Ada operasi pasar murah, lokasinya mobile kerjasama dengan Pemkab, didalamnya ada daging murah," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template