Telusuri Aliran Pungli Pantai Tanjungpakis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Telusuri Aliran Pungli Pantai Tanjungpakis

Telusuri Aliran Pungli Pantai Tanjungpakis

Written By Admin Raka on Senin, 25 Juni 2018 | 12.00.00

Enam Orang Diciduk

KARAWANG, RAKA - Sebanyak enam warga Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, harus puas usai peringatan Idul Fitri dijeruji penjara, usai aksinya melakukan pungutan liar (Pungli) dengan cara memalsukan surat masuk ke salah satu destinasi wisata di Kabupaten Karawang. Polisi pun menyelidiki aliran dana hasil pungli tersebut.

"Penyidik satreskrim Polres Karawang telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pelaku pungli, di objek wisata Pantai Tanjungpakis, dari ke enam tersangka tersebut diamankan barang bukti (BB) seperti uang tunai, beberapa bendel karcis," ujar Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, kepada Radar Karawang, Minggu (24/6).

Dikatakan Slamet, diamankannya para tersangka tersebut, karena telah melakukan pungutan ilegal, dengan modus memalsukan tiket tanda masuk, dengan menggunakan tiket yang sudah tidak digunakan lagi kepada para pengunjung. "Akibat dari perbutan tersangka ini, pengunjung  wisata Tanjungpakis yang seharusnya masuk dengan biaya 10 ribu rupiah, namun saat melalui mereka pengunjung harus mengeluarkan uang sejumlah 70 ribu sekali masuk," katanya, di Mapolres Karawang.

Dikatakan Slamet juga, para tersangka diamankan atas dasar laporan kepolisian nomor Lp/A-1493/VI/2018/JABAR/RES KRW/tanggal 18 juni 2018. Tentang terjadinya menggunakan surat palsu sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 ayat 2 KUHPidana. "Sampai saat ini kita masih mendalami kasus ini, termasuk aliran uangnya apakah hasilnya ada masuk kepada oknum yang tidak bertanggung jawab atau tidak. Bila mana ada akan kita proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Para tersangka sendiri, lanjut Slamet, diantaranya IS alias PJ (36), CM alias MY (42), YY alias CK (42), SK alias IJ (35), KT alias TM (28), dan YD alias MN (32) para tersengka ditangkap pada Senin (18/6) lalu, pada pukul 15.00 WIB. "Terhadap tersangka kita kenakan pasal 263 KHUPidana ancaman hukuman penjara 6 tahun," ujarnya, seraya menyebutkan jika barang bukti (BB) yang diamankan uang RP 839.000, 93 lembar karcis palsu tempat wisata Tanjungpakis dan 1 gepok karcis masuk tempat wisata Pantai Pakis asli. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template