Tak Ada TPS Keliling - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tak Ada TPS Keliling

Tak Ada TPS Keliling

Written By Admin Raka on Kamis, 28 Juni 2018 | 14.15.00

Pasien Rumah Sakit tak Bisa Salurkan Hak Pilih

CIKAMPEK, RAKA - Berbeda dengan pemilu sebelumnya. Di Cikampek tidak ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan untuk pasien Rumah Sakit. Hal itu dikarenakan lambannya persiapan untuk bisa membuat TPS tersebut.

"Saya dapat intruksi tanggal 26 (Juni) sore. Nggak cukup untuk mempersiapkannya," kata KPPS 13 Prayitno, kepada Radar Karawang, Rabu (27/6).

Sebenarnya, kata dia, sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak rumah sakit dalam hal ini Rumah Sakit Karya Husada Cikampek. Namun, jelang pelaksanaan pemungutan, karena diperkirakan bakal lebih dari pukul 13.00 Wib, maka pemungutan batal dilakukan. "Hasil komunikasi dengan Panwas, tidak boleh pemungutan lebih dari pukul 13.00 Wib, maka pemungutan batal dilakukan," ujarnya.

Menurutnya, seharusnya ada TPS keliling yang diperuntukan melakukan pemungutan suara di rumah sakit yang ada di Cikampek. Bukan membebankan pada TPS 13 yang ada di Desa Dawuan Tengah. "Saya pernah nanya, ada TPS keliling nggak untuk pemungutan suara di rumah sakit. Kata PPK cukup dengan TPS terdekat rumah sakit saja," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, andai saja pemungutan dilakukan di Rumah Sakit Karya Husada, maka ada puluhan pasien yang bisa menyalurkan hak suaranya. "Ada sekitar 26 pasien yang punya hak suara. Tapikan enggak jadi," ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cikampek, Irvan membenarkan tidak ada TPS keliling untuk melakukan pemungutan suara pasien yang ada di rumah sakit. Karena dirinya sudah mengintruksikan PPS terdekat untuk melakukan pemungutan suara. "Ngak ada TPS keliling, tapi TPS khusus, itu TPS 13. Tapi lebih jelasnya seilahkan (konfirmasi) ke KPPS," ujarnya.

Untuk TPS khusus itu, teknisnya adalah melakukan pendataan kepada pasien, kemudian mengisi berkas yang sudah disiapkan dan petuga TPS mendatangi rumah sakit keliling ke setiap ruangan dengan membawa kelengkaan pencoblosan. "Jadi nyoblosnya di rumah sakit, petugas bawa surat suara dan alat coblosnya," bebernya.

Panwascam Cikampek, Sri Wahono menyampaikan, memang sempat merencanakan akan dilakukan pemungutan suara di RSKH Cikampek oleh TPS yang paling dekat dengan rumah saktit tersebut, yaitu TPS 13. Namun saat berkomunikasi, karena ketentuannya pukul 13.00 WIB pemungutan suara harus sudah dipenutup, maka pemungutan suara di RSKH tidak jadi dilakukan. "Petugas PPS tidak bisa menjamin pukul 13.00 WIB pemungutan selesai. Makanya kami sampaikan agar tidak melakukan pemugutan (kepada psien di RSKH)," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template