Soal Sampah, Kasi Kesos Geram - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Soal Sampah, Kasi Kesos Geram

Soal Sampah, Kasi Kesos Geram

Written By Admin Raka on Selasa, 05 Juni 2018 | 14.15.00

TEGALWARU, RAKA - Kepala Seksi Kesejahteraan dan sosial Kecamatan Tegalwaru H. Asep Ghozal Somantri SP, geram. Pasalnya masih banyak masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan di sekitar sungai Cikumpeni meski sudah seringkali diperingatkan untuk tidak melakukan itu.

“Saya bingung, harus dengan cara apalagi memberikan pengertian kepada warga agar tidak membuang sampahnya ke sungai. Apalagi Sungai Cikumpeni, merupakan sungai terpanjang yang melintasi wilayah Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru," tandas Asep, Senin (4/6).

Asep memperlihatkan perasaan geramnya. Bahkan diakuinya dia sering menegur warga yang buang sampah ke sungai tetapi itupun hanya berlaku sebentar karena untuk selanjutnya warga itupun kembali membuang sampahnya ke sungai. "Memang sudah harus tegas menyikapi soal sampah ini. Sekaligus kalau bisa ada efek jera, biar kita adakan penegasan dan tindakan, agar tidak ada lagi warga yang buang sampah di sungai," tegas Asep.

Permasalahan sampah, lanjut Asep, memang tidak akan pernah selesai bila tidak ada rasa kepedulian terhadap lingkungan. "Saya harap masyarakat juga ikut ambil bagian dari rasa kepedulian terhadap persoalan sampah yang masih saja banyak warga yang buang sampah di sungai. Perlu diketahui bahwa sungai bukan saja untuk persoalan pengairan sawah saja, tapi kan ada juga warga yang gunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Karenanya, bijaklah terhadap sungai, kan kasian warga yang membutuhkannya," tukasnya.

Hal senada dijelaskan Makmur (30) tokoh pemuda Desa Kutalanggeng. Kepedulian masyarakat akan persoalan sampah cukup minim. Perlu kiranya pemerintah di level terkecil seperti desa, melakukan pengawasan yang konsisten agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai. "Kalau menurut saya, tegakkan Perda sampah dengan tegas dan perlu ada efek jera bagi warga yang buang sampah ke sungai," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template