Sekolah Berbasis Pesantren Mulai Diminati - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekolah Berbasis Pesantren Mulai Diminati

Sekolah Berbasis Pesantren Mulai Diminati

Written By Admin Raka on Sabtu, 02 Juni 2018 | 14.30.00

TEMPURAN, RAKA - Pondok Pesantren Baitul Burhan dan lembaga pendidikan formalnya mengalami perkembangan pesat. Selain ditopang bangunan pondok yang representatif dan modern, masjid tempat salat berjamaah yang dinilai mewah membuat masyarakat Karawang dan luar Karawang berlomba menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan ini.

Kepala SMP Islam Fathonul Burhan, Ajang Syaeful Khiyar MA mengatakan, sekolah formal berbasis pesantren diakuinya jadi trend baru bagi masyarakat Karawang dan luar Karawang. Pasalnya, kurang dari sebulan dibuka pendaftaran, masyarakat luar Karawang dan dalam kota sudah mendaftar lebih dari 400 santri baru, dengan rincian 260 pendaftar ke SMP Islam dan 155 santri mendaftar ke Madrasah Aliyah (MA) dikomplek pesantren.

Pihaknya memprediksi, sebut Ajang, sampai menjelang dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sehabis lebaran, santri baru Baitul Burhan dan sekolah formalnya mencapai 600 orang. "Faktor kenyamanan pesantren dan bangunan yang representatif menjadi pilihan utama orangtua memburu pendidikan di pesantren dan sekolah formalnya," katanya.

Ajang menghaturkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat dan orangtua wali murid yang sudah mempercayakan anak-anaknya mengenyam pendidikan di pondok pesantren dan sekolah formalnya. Jauh dari persoalan bangunan pondok dan mesjid megah, Pesantren sudah teruji substansinya mencetak karakter dan akhlak generasi penerus. Dengan banyaknya arus pendaftar selama Ramadan ini, membuktikan bahwa pendidikan agama sangat penting menghadapi segala tantangan dewasa ini.
Sebab, lanjut dia pintar dan sukses saja tidak cukup jika tidak dimodali dengan Akhlakul Karimah dan dasar-dasar agama yang tidak didapat di lembaga lainnya. "Kita apresiasi kepercayaan orangtua saat ini mensekolahkan anaknya di Pendidikan pesantren dan sekolah formal berbasis pesantren," ungkapnya.

Ia berharap, Pesantren pimpinan KH Sofwan Abdul Gani ini semakin dipercaya masyarakat dan menjadi solusi setiap peradaban masa depan para lulusannya. Sebab, di sekolah formal, walaupun berlatar belakang santri, tapi pendidikan ekstrakulikuler sama saja dengan sekolah pada umumnya. Seperti latihan beladiri, pramuka, paskibra, PMR dan lainnya. Sehingga bekal ukhrowi dan dunianya tercukupi optimal dan bisa menjawab setiap tantangan masa depan. Baik dilingkungan keluarga, masyarakatnya, maupun daerah dan bangsanya. "Banyak lulusan pesantren sukses karena akhlaknya teruji dan dasar keagamaannya kuat menghadapi tantangan zaman," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template