SDN Cipinang Galakan Literasi Alquran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SDN Cipinang Galakan Literasi Alquran

SDN Cipinang Galakan Literasi Alquran

Written By Admin Raka on Sabtu, 09 Juni 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Mengisi momen bulan suci Ramadan, semua jenjang pendidikan di Kabupaten Purwakarta memanfaatkannya dengan menyelenggarakan pesantren Ramadan di sekolah. Hal ini bukan hanya upaya penanaman nilai-nilai iman dan taqwa (Imtak) kepada para peserta didik saja, namun juga upaya menjalin kebersamaan dan tanggung jawab seluruh guru dalam membina dan menerapkan nilai-nilai ajaran Islam di sekolah. Dalam kegiatan ini juga, digalakan gerakan literasi Alquran.

Kepala SDN Cipinang Hoerin Amdadi Saputra, mengatakan, pihaknya mewajibkan seluruh guru turut berperan serta dalam pelaksanaan pesantren Ramadan. "Kita jangan beranggapan bahwa kewajiban membimbing peserta didik dalam menerapkan dan membiasakan nilai-nilai Islam bukan hanya dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam saja tetapi juga merupakan kewajiban seluruh guru yang beragama Islam," terangnya, kepada wartawan.

Pesantren Ramadan tahun ini, lanjut dia, bertujuan untuk mengembangkan potensi dan wawasan keislaman peserta didik, terutama mengenai Alquran dan bkhlaqul karimah. "Waktu pelaksanaannya mulai 28 Mei hingga sekarang dan diikuti oleh sebanyak 389 orang peserta didik dari kelas 1 -6. Kegiatan diawali dengan tadarus Alquran bersama di lapangan sekolah mulai pukul 06.30," papar dia.

Ia juga mengatakan, setelah membaca Alquran kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi tauhid, akhlaq, fiqih dan tarikh oleh para nara sumber dari guru PAI dan guru-guru kelas di ruangannya masing-masing hingga pukul 11.00. "Materi keislaman diperbanyak untuk menguatkan nilai dari guru pembimbingnya, supaya siswa dapat membiasakan diri dengan hal-hal baik seperti membaca Alquran," terang dia.

Diketahui, upaya penerapan gerakan literasi Alquran dimotori oleh Entin Suhartini, sebagai guru PAI di SDN Cipinang sekaligus koordinator bidang Alquran dalam kegiatan pesantren Ramadhan. "Selain membimbing secara langsung tilawah Alquran di sekolah, peserta didik juga dimotivasi untuk melaksanakan tilawah Alqurannya di rumah masing-masing," terang dia.

Salah satu peserta yang ikut pesantren Ramadan sekolah, Labib Irpan Al Jaini Nasrudin mengatakan, selama bulan Ramadan ini sudah menyelesaikan tilawah Alquran 24 juz.
"Sering membaca Alquran setiap selesai shalat lima waktu. Rutin dari mulai pertama masuk bulan Ramadan," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template