Santri Assasul Islam Multitalenta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Santri Assasul Islam Multitalenta

Santri Assasul Islam Multitalenta

Written By Admin Raka on Selasa, 05 Juni 2018 | 12.30.00

Jago Mengaji, Juara Baris Berbaris

TEGALWARU, RAKA - Berdiri sejak tahun 2000, perlahan tapi pasti Pondok Pesantren Assasul Islam di Kampung Parakanbadak, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, berhasil mencetak santri dan santriwati berkualitas.

Menu keilmuan yang diserap para santri adalah rahasianya. Selain belajar ilmu agama seperti pondok pesantren pada umumnya, para santri di Assasul Islam juga dibentuk karakter insan kamil sejalan dengan pengembangan struktur nilai dasar spiritual, sebagai pengakuan terhadap martabat manusia yang memunculkan nilai tanggung jawab sosial.

Putra pendiri Pondok Pesantren Assasul Islam Jejen Alami mengatakan, dalam komunitas pesantren juga ada tanggung jawab sosial didasari oleh nilai spiritual yang terkandung dalam konsep ukhuwah islamiah. "

Santri kami diajak lebih mengedepankan ukuwah Islamiah, yang sejatinya bisa tampil baik di lingkungan masyarakat," ungkap Jejen kepada Radar Karawang, kemarin. 
Dia menjelaskan, prinsipnya pesantren adalah sebuah wadah yang mendidik santri menjadi manusia yang bisa mandiri, berahlak, bisa mensejukan sesama muslim dan mampu memberi penerangan bagi sesama.

"Saat ini, siswa kami adalah warga lingkungan sekitar dan menitikberatkan kepada santri anak-anak, terutama di Kampung Parakanbadak, Desa Mekarbuana, tapi tidak menutup santri dari luar juga," terangnya.

Pondok pesantren yang dibangun oleh KH Bubun Mahmubi (alm), hingga kini mempunyai santri sekitar 102 orang. Dan sudah semakin berkembang, seiring dibangunnya Diniyah Takmiliyah Amaliyah (DTA). "Santri-santri selain mengaji juga mampu menorehkan prestasi di bidang lain, seperti marching band dan baris berbaris," tuturnya.

Jejen melanjutkan, segudang prestasi yang membanggakan sudah banyak ditorehkan, seperti marching band dan baris berbaris. Selepas dari pesantren dan bersekolah di Asasul Islam, banyak juga yang mampu menjadi figur di sekolah-sekolah tingkat selanjutnya. "Alhamdulillah pondasi mereka mengaji di pesantren sekaligus sekolah sangat berdampak. Sehingga banyak sudah santri-santri kami mampu tetap menjaga nama baik pesantren. Juga sekolah kami di sekolah lanjutan, juga di pesantren lainnya," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template