Sambut Mudik, Tolo-tolo Sudah Dipasang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sambut Mudik, Tolo-tolo Sudah Dipasang

Sambut Mudik, Tolo-tolo Sudah Dipasang

Written By Admin Raka on Rabu, 06 Juni 2018 | 14.00.00

KOTABARU, RAKA - Sudah menjadi kebiasaan setiap menjelang arus mudik lebaran. Karena jalan Pangulah Kotabaru tidak memiliki pembatas jalan, maka sebagai pembatasanya dipasang tolo-tolo yang terbuat dari bambu.

Pantauan Radar Karawang pemasangan tolo-tolo tersebut baru mulai dilakukan pada Selasa (5/6) kemarin. Bahkan tolo-tolo yang sudah dipasang itu belum lengkap, karena baru dideretkan saja di tengah jalan, belum diikat dengan tali agar pengendara dari sebrang jalan tidak bisa menyebrang seenaknya di jalan tersebut.

“Untuk di Jalan Simpang Jomin-Pangulah sudah mulai dipasang pada hari ini. Sedangkan lokasi lain bersifat situasional, seperti di wilayah Cikampek akan dipasang saat terjadi lonjakan kendaraan hingga beberapa hari ke depannya,” ujar Aiptu Agus, Kanit Sarana Prasarana  Polres Karawang, Selasa (5/6).

Adapun jumlah tolo-tolo yang dipasang sebanyak 800 tiang, semuanya dipasang di titik rawan macet. Beberapa lokasi rawan macet di antaranya persimpangan Jomin arah Pantura, Mutiara-Simpang Jomin. "Dengan tolo-tolo terebut akan menutup sejumlah persimpangan yang kerap menjadi simpul kemacetan sehingga kendaraan tidak bisa menyeberang sembarangan," terangnya.
Selain menyiapkan tolo-tolo, kata Agus, ada beberapa kelengkapan jalan lain yang akan digunakan seperti petunjuk arah yang jumlahnya mencapai 100 unit belum ditambah yang disediakan Dinas Perhubungan sebagai petunjuk jalan.

Sedangkan untuk kelengkapan rambu lalu lintas, marka jalan dan sebagainya, merupakan kewenangan Dinas Perhubungan (Disbub) dan sejauh ini sudah mulai terpasang.  "Dipastikan pada pelaksanaan Operasi Ramadnia Lodaya 2018 ini, jalur wilayah Karawang sudah siap untuk dilalui pemudik," tutupnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Karawang, Rochman, mengatakan, saat ini rambu-rambu sebagian sudah terpasang dan sebagian sedang dipersiapkan. Pada H-10 sudah terpasang di sepanjang ruas jalur mudik. Rambu-rambu ini sifatnya penting, mengingat wilayah Karawang merupakan daerah perlintasan dan tujuan bagi para pemudik. "Kita pastikan semuanya sudah terpasang," ujarnya.

Mudik Lebaran 2018, Rochman mengakui, pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya guna mendukung aktivitas warga. Selain menyiapkan rambu-rambu, fasilitas lainnya juga disiagakan sampai pemasangan kamera pemantau (CCTV). "Selain titik jalan arus mudik, pada H-7, personel Dishub juga akan ditugaskan mengatur arus lalu lintas pada titik jalan menuju pasar-pasar tradisional, depan stasiun, dan terminal utama arteri Pantura, karena titik tersebut memang sudah menjadi langganan lintasan para pemudik menjelang Lebaran,” tutupnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template