Saluran Irigasi Kering - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Saluran Irigasi Kering

Saluran Irigasi Kering

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Juni 2018 | 15.00.00

Petani Cilamaya Waswas

CILAMAYA WETAN, RAKA - Para petani dan aparat desa di Kecamatan Cilamaya Wetan mengeluhkan keringnya saluran air di Desa Rawagempol Wetan, Rawagempol Kulon, Cikalong, Sukatani, Muara Baru dan Desa Muara. Kondisi tersebut membuat area pertanian yang sudah memasuki persemaian terancam gagal tanam karena kekurangan air.

Kades Rawagempol Wetan Udin Abdul Gani mengatakan, setelah lebaran para petani mengeluh area sawahnya kering kurang air. Penyebabnya saluran air di LMB 8, SD Kalong dan SS Muara Timur gelontoran airnya kecil.

Di satu sisi sebutnya, pemerintah menghendaki percepatan tanam demi ketahanan pangan, disisi lainnya, air kadang-kadang kurang. Apalagi, di beberapa desa di Cilamaya banyak sawah yang mau pengolahan tanah bahkan persemaian. Dengan kata lain, bagaimana bisa mengolah lahan, kalau airnya saja kurang, karena yang semai saja ada yang kering. Untuk itu, ia meminta pihak PJT II agar bisa menambah debit air agar sawah di Cilamaya bisa terairi optimal.

Meski begitu, dirinya memaklumi karena mungkin kemarin-kemarin masih libur lebaran. Namun jika masa liburan lebaran sudah selesai, debit air di saluran yang membutuhkan harus segera ditambah.
Pegawai PJT II Sektor Telagasari Alimi mengakui, saluran air di SS Kalong dan LMB 8 memang sebelumnya kurang. Penyebabnya pintu air di Walahar rusak. Namun hari Senin dan Selasa kemarin, air sudah bisa masuk saluran tersebut. Bahkan, sebenarnya pasokan air dari Jatiluhur masih cukup walau di musim kemarau saat ini, sampai 2-3 musim kedepan. "Kemarin ada kendala pintu air di bendung Walahar rusak, tapi dari kemarin air sudah kita gelontorkan ke Cilamaya, insya Allah aman," katanya.

Kepala PJT Karawang Suwondo memastikan, air di SS Kalong, LMB 8 dan Muara Timur yang mengairi area sawah di Cilamaya sudah teraliri dua hari terakhir dan kondisi irigasi sudah cukup. "sudah kita gelontorkan airnya, semuanya cukup," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template