Rutilahu Dibangun Tanpa Bantuan Pemerintah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rutilahu Dibangun Tanpa Bantuan Pemerintah

Rutilahu Dibangun Tanpa Bantuan Pemerintah

Written By Admin Raka on Sabtu, 30 Juni 2018 | 15.00.00

Hasil Swadaya Masyarakat



RAWAMERTA, RAKA- Setelah kurang lebih 3 tahun tinggal di rumah tidak layak huni, Mak Finah, salah seorang wanita lanjut usia sebatang kara, warga Dusun Krajan 1, Desa Pasirawi, Kecamatan Rawamerta, akan tinggal di rumah barunya. Rumah Mak Finah dibangun menggunakan dana swadaya masyarakat dan donatur lainnya, tanpa ada bantuan dari Pemkab Karawang.

Selama kurang lebih 3 tahun, Mak Finah tinggal di rumah tidak layak huni yang kondisinya sangat memprihatinkan. Saat hujan tiba, tak jarang Mak Finah terpaksa mengungsi ke rumah tetangga karena khawatir rumahnya ambruk. Kondisi ini, membuat warga prihatin dan menggalang dana. Beberapa donatur baik dari karyawan perusahaan, dan warga sekitar mengumpulkan uang dan membangunkan rumah baru bagi Mak Finah.

Salah seorang tetangga Mak Finah, Wasih (43) mengatakan, Mak Finah tidak mempunyai sanak saudara sejak 20 tahun silam setelah di tinggal suami dan anak semata wayangnya meninggal dunia. Sedangkan tempat tinggal Mak Finah rusak parah sejak 3 tahun yang lalu. Pada saat hujan tiba, warga terpaksa memaksa Mak Finah tinggal sementara di rumah tetangga, karena takut jika rumah tersebut ambruk. "Kalau hujan kita sering ajak emak nginep, soalnya khawatir rumahnya ambruk," Ujar Wasih.

Sedangkan menurut kepala dusun, Talim Suhendar, pihak pemerintah desa telah mengajukan bantuan rutilahu kepada pemkab, namun ditolak karena memang lahan yang ditempati Mak Finah bukan tanah milik. Sehingga pihaknya mencari bantuan kepada donatur, agar rumah Mak Finah bisa diperbaiki. "Akhirnya beberapa donatur dan swadaya masyarakat dapat diperbaiki rumah Mak Finah," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template