RSUD Sudah Buka Pelayanan Poli - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Sudah Buka Pelayanan Poli

RSUD Sudah Buka Pelayanan Poli

Written By Admin Raka on Jumat, 22 Juni 2018 | 17.00.00

TELUKJAMBE, RAKA - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang Dr. H. Asep Lukman Hidayat MM memastikan pelayanan kesehatan RSUD sudah berlangsung secara optimal. Bahkan, sejak menjelang lebaran kemarin Instalasi Gawat Darurat (IGD) disiagakan 24 jam non setop.

"Kesiapannya sudah berlangsung sejak H-7 lebaran kemarin, terutama untuk IGD, instalasi ini melayani pasien 24 jam penuh," tandas dr. Lukman, dan menambahkan saat menjelang lebaran manageman RSUD memang melakukan pelayanan dengan cara piket. Artinya, ada petugas medis dan dokter yang piket untuk melayani pasien baik korban mudik maupun arus balik.

Sistem piket itu sendiri dilakukan, terang dr. Asep merupakan bagian kesigapan antisipasi arus mudik dan balik pasca lebaran. "Semuanya sudah dipersiapkan sejak H-7 lebaran, dari pelayanan dokter hingga pendukung pelayanan lainnya. Dari dokter spesialis, dokter umum dan pendukung lainnya, juga sudah siap,” kata Asep.

Masih dikatakan Asep, kewaspadaan sudah dilakukan sejak menjelang lebaran hingga pasca lebaran, semua sudah maksimal dan matang. Selain memastikan shift jaga tenaga kesehatan pagi dan malam, sudah disusun pula sistem backup untuk kewaspadaan menghadapi lebaran.

Senada itu Kepala Seksi Pengendali Operasional RSUD Andi Senjayani membenarkan kesigapan petugas rumah sakit dalam pelayanan kesehatan terhadap publik berjalan seperti biasa. Hanya saja untuk pelayanan poli baru berlangsung kemarin. Selama liburan lebaran RSUD Karawang pelayanan di poli memang diliburkan. "Pelayanan kesehatan 24 jam terus berjalan, hanya saja pelayanan poli baru hari ini mulai bekerja," ucapnya.

Hal itu dibenarkan Kepala Promkes RSUD Karawang Ruhimin SH, kalau sejak kemarin bagi poli sudah memberikan pelayanan. Warga tidak perlu lagi khawatir lantaran sudah ada petugas terkait pelayanan kesehatan, terutama di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Karawang. "Khusus H - 7 sampai H + 7 Hari Raya Idul Fitri kami sudah melakukan berbagai kesiapan, termasuk menjamin ketersediaan obat maupun tenaga medis untuk mengantisipasi lonjakan pasien terutama saat mudik dan arus balik," aku Ruhimin.

Ruhimin menambahkan selain menyiapkan obat-obatan dalam jumlah memadai, dokter jaga ditambah. Semua itu dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya pasien yang sakit maupun mengalami kecelakaan lalu lintas di daerah itu. Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menjelang maupun hari raya didominasi korban kecelakaan lalu lintas. "Pasca lebaran, biasanya banyak warga yang sakit dan dirawat di rumah sakit karena mengalami berbagai penyakit yang dikarenakan pola dan kualitas makanan meningkat selain korban kecelakaan lalulintas," terang Ruhimin. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template