RSUD Incar Predikat Rumah Sakit Unggulan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Incar Predikat Rumah Sakit Unggulan

RSUD Incar Predikat Rumah Sakit Unggulan

Written By Admin Raka on Kamis, 28 Juni 2018 | 17.15.00

TELUKJAMBE, RAKA - Disamping fasilitas penunjang rumah sakit dan tindakan medis yang akurat serta mekanisme pengelolaan bermutu, hal paling penting yang harus terpenuhi guna melekatkan prediket rumah sakit unggulan bagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang yakni sistem pelayanan yang optimal.

"Menjadi rumah sakit unggulan bukan hal mudah, karena tidak hanya menyangkut soal profesionalitas pelayanan melainkan bagian-bagian pelayanan yang dibuka juga ikut berperan menentukan layak dan tidaknya rumah sakit menjadi rumah sakit unggulan," ucap Kasubbag Hukmas Promkes RSUD Karawang Ruhimin belum lama ini. Dia mengatakan RSUD sedang berupaya melekatkan prediket rumah sakit unggulan.

Sekarang ini, terang Muhimin, ada delapan layanan unggulan di RSUD. Selain Instalasi Rawat Inap, Laboratorium, Instalasi Gawat Darurat dan Rehabilitas Medik, RSUD juga melayani Radiologi, Gizi, Pemulasaran Jenazah dan transfusi Darah. "Dari delapan layanan yang diberikan RSUD Instalasi Pemulasaran Janasah menjadi bagian terakhir yang paling diunggulkan selain unit transpusi darah," ucap Ruhimin.

Sementara pasca ramadan kemarin kunjungan pasien ke RSUD mulai ramai setelah sebelumnya terlihat sepi. menyinggung sepinya kunjugaan tersebut Ruhimin mengatakan
ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu. Pertama, pada kasus yang bisa ditunda seperti operasi elective dan sakit ringan, maka bulan puasa memang bukan waktu yang tepat untuk opname, kalau bisa ditunda pasien memilih untuk dirawat dirumah. Kedua, biaya keluarga banyak tersedot ke kebutuhan konsumtif, sehingga tidak opname kalau tidak terpaksa.

Ketiga karena iklim yang stabil menyebabkan kasus infeksi jarang terjadi dan keempat puasa menyebabkan emosi dan metabolisme tubuh lebih terkontrol sehingga menghindari serangan penyakit metabolic seperti hipertensi, stroke, jantung, diabet, kolesterol dan jenis-jenis penyakit lainnya. "Saya tidak pernah membaca referensi yang menjelaskan berkurangnya kunjungan pasien ke rumah sakit. Tapi pengalaman selama menjadi Hukmas dan Promkes di rumah sakit merasakan memang terjadi penurunan pasien tiap tahunnya pada bulan bulan puasa," katanya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template