Proyek Normalisasi Irigasi Dawuan Disoal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Proyek Normalisasi Irigasi Dawuan Disoal

Proyek Normalisasi Irigasi Dawuan Disoal

Written By Admin Raka on Senin, 25 Juni 2018 | 14.15.00

CIKAMPEK, RAKA - Masih ingat tanggul irigasi Dawuan yang jebol beberapa waktu lalu ? Saat ini tanggul tersebut termasuk irigasinya sedang dilakukan normalisasi.

Namun pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu diyakini akan memperparah kondisi banjir rutin Dawuan Cikampek. Pasalnya sipon yang selama ini menjadi penyebab banjir karena rusak dan mampet tidak dilakukan normalisasi sesuai harapan dari warga.

"Pekerjaannya buruk, saya yakin Dawuan akan mengalami banjir yang lebih parah," ujar tokoh masyarakat yang juga mantan Kepada Desa Dawuan Tengah, Yusuf Nurwenda, kepada Radar Karawang, Minggu (24/6).

Dia menyampaikan, saat ekspose dilakukan di kantor bupati, pengerjaannya tidak seperti itu. Tetapi untuk sipon yang selama ini menjadi penyebab banjir akan dilakukan normalisasi juga. "Tapi nyatanya malah lebih tertutup. Jadi aliran air dari sungai cikaranggelam akan lebih mampet," bebernya.

Oleh karenanya seharusnya pihak terkait turun tangan agar proses normalisasi bisa berjalan sesuai dengan harapan dan sesuai dengan pemamaran atau ekspose yang dilakukan. "Pemda juga harus turun tangan. Karena meskipun bukan pakai anggaran daerah, pekerjaannya ada di Karawang," pintanya.

Coba bayangkan, tambah Uus, sapaan akrab Yusuf Nurwenda, jika pekerjaan tersebut selesai tapi meninggalkan masalah. Itu artinya ada proyek atau pekerjaan yang sia-sia di Karawang. Maka tidak boleh dibiarkan, dan jangan sampai warga terkena dampak dari pekerjaan yang tidak beres. "Bupati janji mau bantu menuntaskan masalah ini. Tapi pas sudah digarap sama BBWS malah dilepas begitu saja," ujarnya.

Atas hal tersebut dia meminta Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana turun ke lapangan bersama dinas teknis lainnya yang membidangi di bidang perbaikan fisik. Sehingga bisa diketahui demana kesalahannya dan langkah apa yang harus dilakukan. "Kalo nggak turun tangan mah nggak bakalan tahu dimana ketidak sesuaiannya, makanya bupati harus turun ke lapangan," pungkasnya.

Jebolnya tanggul irigasi Dawuan itu sempat menjadi polemik ditengah warga Cikampek dan sekitarnya. Terutama warga yang memiliki sawah di sebelah utara irigasi, karena sempat mengalami kekeringan.

Waktu itu para petani sampai melakukan demo sehingga diselesaikan dengan adanya solusi pompanisasi.

Sementara hingga berita ini diterbitkan pimpinan proyek normalisasi irigasi tersebut tidak memberikan keterangan meski sudah dihubungi. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template