Produksi Sampah Naik 2 Kali Lipat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Produksi Sampah Naik 2 Kali Lipat

Produksi Sampah Naik 2 Kali Lipat

Written By Admin Raka on Sabtu, 09 Juni 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Selama bulan ramadan sampah yang di produksi masyarakat meningkat dua kali lipat. Bahkan sejumlah tempat penampungan sampah mengalami overload hingga sebagian sampahnya berserakan ke badan jalan.

"Komsumsi masyarakat selama bulan ramadan meningkat, demikian pun sampahnya juga bertambah terutama sampah organik. Biasanya sekitar 20 sampai 30 ton  per hari, di wilayah Telukjambe Timur tapi sejak bulan puasa ini jumlahnya meningkat hingga 50 ton per hari,” ungkap Zunaedi, Koordinator mobilisasi angkutan sampah wilayah Kecamatan Telukjambe Timur kepada Radar Karawan, Jumat (8/6)  Pagi.

Kendati, demikian lanjut Zunaedi tidak mesti ada penambahan armada atau intensitas mobilisasi pengangkutan lantaran peningkatan tersebut masih terbilang normatif. "Mungkin pola waktu pengangkutan saja yang akan kita ubah yakni setelah berbuka puasa dan setelah waktu sahur, agar pengangkutan pun tidak mengganggu waktu - waktu masyarakat berpuasa," terangnya.

Di akui Zunaedi, keberadaan sampah di bulan puasa, di duga akibat pola konsumsi yang meningkat, tetapi dirinya pun mengungkapkan ada sebagian pos sampah yang sudah biasa di angkut kondisinya sudah mulai berkurang seperti di beberapa hari menjelang lebaran. "Mungkin sekarang sebagian warga yang menjadi warga urban sudah ada sebagian yang mudik sehingga ,mereka tidak lagi membuang sampah di pembuangan sampah seperti biasa," ucapnya.

Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Kecamatan Telukjambe Timur (Kasi Trantib) H. Ending Sukari mengemukakan proses pengawasan dan informasi tentang buang sampah di tempatnya sudah diamanatkan kepada masyarakat melalui beberapa kegiatan rapat mingguan dan di sosialisasikan ke beberapa aparatur desa. "Pesan larangan buang sampah itu sudah kami jalankan sesuai dengan amanah Perda dan Camat Telukjambe Timur. Dan memang kalau kedapatan warga yang buang sampah sembarangan pun pasti akan ditindak supaya tidak membuang sampah di sembarangan tempat," ucapnya.

Masih ditambahkan Ending, sejauh ini, memang kalau dilihat dari momentum puasa sampah yang diproduksi masyarakat memang mengalami peningkatan dari sebelumnya. Untungnya koordinasi terkait mengenai sampah pun sudah berlangsung dengan baik. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template