PPDB SMA/SMK Ditutup 8 Juni - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PPDB SMA/SMK Ditutup 8 Juni

PPDB SMA/SMK Ditutup 8 Juni

Written By Admin Raka on Jumat, 08 Juni 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Purwakarta berlakukan jadwal kegiatan PPDB mengacu pada dinas pendidikan provinsi tahun 2018 secara garis besar dibagi menjadi beberapa jalur antara lain PPDB Jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), Penghargaan Maslahat Guru (PMG), Warga Penduduk Setempat (WPS) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan prestasi.

Kepala SMKN 2 Purwakarta Muhardi mengatakan, pendaftaran dilaksanakan dari 4 Juni sampai 8 Juni 2018 dilanjutkan verifikasi atau uji kompetensi pada 25, 26, dan 28 Juni 2018 lalu pengumuman pada tanggal 30 Juni 2018 dan daftar ulang pada 2 Juli – 4 Juli 2018. "Penjelasan seputar proses seleksi pada masing-masing jalur pendaftaran untuk jenjang SMK PPDB 2018. Adapun proses secara globalnya adalah sama seperti pada jenjang SMA," terang dia.

Ia juga mengatakan, untuk rinciannya siswa datang ke sekolah tujuan untuk menyerahkan berkas pendaftaran data calon peserta didik yang telah diverifikasi, diinput dan diupload oleh operator satuan  pendidikan atau cabang dinas pendidikan wilayah ke dalam sistem aplikasi PPDB. "Informasi tambahan lainnya, untuk proses seleksi jalur PPDB bagi calon peserta didik dari jalur KETM, penghargaan maslahat bagi guru, warga penduduk setempat serta jalur prestasi pada SMK dilakukan melalui proses seleksi," paparnya.

Adapun, lanjut dia, seleksinya berdasarkan, jarak terdekat yang akan memverifikasi persyaratan umum dan dokumen sesuai kekhususannya serta hasil uji kompetensi dan atau tes minat dan bakat sesuai program atau kompetensi keakhlian yang dipilih. "Untuk jalur pendaftarannya bisa melalui jalur KETM, jalur NHUN, jalur PMG dan jalur ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) atau disabilitas," paparnya.

Untuk proses seleksi pada jalur PMG, tahapannya, lanjutnya, jika pada batas kuota terdapat beberapa calon peserta didik yang memiliki nilai akhir yang sama, selanjutnya dilakukan pemeringkatan berdasarkan total nilai UN dan mata pelajaran calon peserta didik. Jika berdasarkan pemeringkatan total nilai UN dan mata pelajaran masih sama, pemeringkatan selanjutnya dilakukan berdasarkan masa kerja orang tua siswa sebagai guru. "Hasil pemeringkatan data calon peserta didik hingga batas kuota (hasil seleksi) merupakan seluruh calon peserta didik yang diterima pada seleksi PPDB jalur penghargaan maslahat bagi guru calon peserta didik yang tidak lolos, berada di posisi luar batas kuota pada hasil pemeringkatan dapat mendaftar kembali  pada jalur NHUN," paparnya. (ris)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template