Pilkades Serentak 2018 Terancam Molor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pilkades Serentak 2018 Terancam Molor

Pilkades Serentak 2018 Terancam Molor

Written By Mang Raka on Jumat, 29 Juni 2018 | 17.39.00

KARAWANG, RAKA - Lama tak terdengar, kabar pemilihan kepala desa (pilkades) nyaris tenggelam selama pemilihan gubernur. Alih-alih mau digelar Desember tahun ini, regulasi dan teknis tahapan pilkades di 67 desa tersebut masih belum ada kabar sampai akhir Juni ini.
Wakil Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Karawang R Ombi, yakin tuntutan pilkades 2018 di akhir tahun ini tetap akan terlaksana sebagaimana persetujuan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Hanya memang, pihaknya dan angkatan 67 ini belum melangkah lebih jauh, karena kabar pilkades tahun 2018 tidak lagi santer terdengar.
Namun, belum lama pihaknya akan kembali bergerak agar Pemerintah Kabupaten Karawang selambat-lambatnya sudah bisa mengeluarkan teknis, tahapan dan regulasinya dalam peraturan bupati pada bulan Juli ini. Sehingga akhir Juli atau awal Agustus, tahapan Pilkades 2018 yang semua direncanakan pada Desember 2018 bisa terlaksana. "Kita belum bergerak lagi. Memang senyap sih selama Ramadan dan pilgub mah. Insya Allah pilkades mah tetap jadi," ujar Ombi meyakinkan.
Kades Cikande Kecamatan Cilebar ini menambahkan, menurut informasi dari Bappeda dan Asda draft regulasi berupa peraturan daerah (perda) dan peraturan bupati (perbup) masih digodok di Bagian Hukum, sehingga dia tetap yakin teknis dan regulasi pilkades bisa keluar bulan Juli. Sehingga tahapannya bisa langsung dimulai awal Agustus. "Tidak mungkin ada istilah diundur lagi, karena pimpinan sudah clear dan menyepakatinya bersama. Aturannya sudah ada dan siap diterbitkan, karena sampai saat ini kabarnya masih di Bagian Hukum," katanya kepada Radar Karawang, Kamis (28/6) kemarin.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Ade Sudiana mengatakan, soal pilkades diyakinkannya akan tetap terlaksana tahun ini. Begitupun soal regulasi kalau tidak ada halangan akan segera keluar. "Insya Allah tetap jadi. Dan regulasinya juga segera terbit kalau sudah tuntas," katanya.
Sekretaris Komisi A DPRD Karawang Indriyani ST mengatakan, tahapan pilkades sebagaimana agenda awal memang seharusnya Juli ini sudah mulai ancang-ancang pembentukan panitia. Teknis yang diatur dalam perbup sejak bulan Ramadan kemarin sudah di meja bupati. "Tapi jika perda perubahan Senin lusa akan ada pembahasan lanjutannya. Cuma belum terbit karena belum juga ditandatangani," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template