Permukaan Sungai Cigentis Naik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Permukaan Sungai Cigentis Naik

Permukaan Sungai Cigentis Naik

Written By Admin Raka on Selasa, 26 Juni 2018 | 15.00.00

TEGALWARU, RAKA - Sementara di sejumlah wilayah Karawang hampir setengah harian diguyur hujan ternyata tidak dirasakan di Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan. Di dua wilayah itu hujan cuma berlangsung sekitar pukul 11.50 Wib - 12.26 Wib namun mengakibatkan kenaikan volume air Sungai Cigentis.

Kendati demikian, berdasarkan data yang dihimpun Radar Karawang, hingga kemarin siang belum laporan pemukiman warga yang terendam oleh banjir. Warga yang berjaga-jaga di sejumlah titik aliran sungai hanya menyayangkan banyaknya sampah yang ikut terseret arus air. Seperti sampah plastik, kayu dan bekas wadah makanan dan minuman ringan.

Sementara sumber Radar Karawang di pintu air Shipon, Telukjambe Barat menyebutkan volume air sungai Cigeuntis mengalami kenaikan 10 cm sampai 30 cm. Parahnya permukaan sungai dipenuhi oleh sampah. Diduga sampah bekas para pedagang yang berjualan di pinggiran sungai Cigeuntis, karena banyak sampah jenis streoform dan plastik mie gelas dan plastik minuman ringan jenis botol plastik. "Sungai Cigeuntis seperti dibilas. Sepertinya semua sampah terbawa derasnya arus," ucap Budi Pemerhati Lingkungan Tegalwaru dan Pangkalan kepada Radar Karawang, Senin (25/6).

Dirinya pun menyayangkan sikap masyarakat yang masih saja buang sampah di sungai, padahal sungai sangat penting bagi masyarakat terutama petani. "Banyak warga yang kurang sadar dan masih buang sampah ke sungai. Seharusnya para pedagang jangan berdagang di saluran sungai Cigeuntis karena saya masih melihat ada sampah bekas minuman ringan sejenis plastik dan makanan ringan mie gunakan streoform, terlebih lagi saya melihat ada sampah meja dan bambu yang terbawa air, itu nyata sekali bahwa bekas lapak jualan mereka terbawa deras air sungai yang mengalami kenaikan volume air," tegasnya.

Dirinya pun menilai masyarakat yang kurang peduli akan kembali membuang sampah di sungai. Sudah seharusnya pemerintah perduli serius akan keberlangsungan sungai Cigeuntis. Menurutnya siapa lagi yang peduli akan keberadaan sungai Cigeuntis. "Coba kita lihat besok, saya yakin pasti ada warga yang buang sampah lagi di sungai Cigeuntis," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template