Pengelola PKBM Ikut Lomba Anugerah Pemberdayaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengelola PKBM Ikut Lomba Anugerah Pemberdayaan

Pengelola PKBM Ikut Lomba Anugerah Pemberdayaan

Written By Admin Raka on Selasa, 12 Juni 2018 | 17.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Asolahiyah Dusun Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Heru Saleh S.Pd mengikuti lomba Anugerah Pelopor Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Provinsi Jawa Barat itu rencananya berlangsung Mei-Agustus ini.

Dikatakan Heru Saleh, dirinya ikut serta dalam lomba yang ia ketahui melalui Dinas Kominfo Karawang ini. Dua kategori akan mewakili Karawang, yaitu di kategori pemberdayaan masyarakat yang langsung diwakili dirinya dan dan bidang pertanian oleh Wawan Kawista dari Telagasari. Berbeda dengan Kabupaten/kota lainnya yang menerapkan sistem seleksi oleh Pemkab setempat, dirinya justru sendiri mengikuti kegiatan ini dan sudah mengikuti tahap pertama.

Heru merasa perlu mengangkat kaarifan lokal Karawang ditingkat Jawa Barat, sebab potensi, sumberdaya dan keterampilan masyarakatnya sudah mumpuni untuk dikembangkan. Apalagi, kebetulan dirinya konsen di pendidikan non formal, dimana bukan mengejar akademisnya saja, tetapi juga inovasi dan keterampilan warga belajar untuk bisa berdaya secara ekonomi dan sosialnya dari hasil keterampilan tersebut. "Kita ikuti kegiatan lomba ini tahu dari Dishubkominfo, baru tahap satu semoga terus melenggang dan jadi juara," ucapnya.

Heru menambahkan, indikator keberhasilan dalam lomba tersebut, sambung Heru, antara lain perubahan pengetahuan, sikap, perilaku, dan aspek sosial ekonomi, perubahan lingkungan, dan aspek sosialnya. Dianggap berhasil juga kalau peningkatan produksi atau komoditas atau pendapatan dan daya beli hingga dinamika pasarnya stabil. Dengan kata lain, masyarakat sekitar dan pada umumnya, merasa nyaman atas pemberdayaan yang dilakukan lembaga maupun pengelolan yang baik.

Untuk itu Heru berharap, ada dukungan dari Pemkab atas tekadnya mengikuti lomba ini, karena gelar juara yang didapat nantinya ini, akan ikut mengharumkan nama baik Karawang di Jawa Barat. "kita mohon dukungan saja kaitan pemberdayaan yang dilombakan ini dari Pemkab, semoga berhasil, " Tutup Heru yang juga Kandidat Asesor PKBM Jawa Barat ini," tandasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template