Pengawas TPS Minim Peminat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengawas TPS Minim Peminat

Pengawas TPS Minim Peminat

Written By Admin Raka on Sabtu, 02 Juni 2018 | 16.15.00

KLARI, RAKA - Antusias calon pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di wilayah Kecamatan Klari cukup minim. Pasalnya jumlah warga yang mendaftar sebagai calon pengawas TPS hanya 201 orang, sedangkan seharusnya dua kali lipat dari jumlah yang mendaftar.

Ketua Pengawa Kecamatan Klari, Sopiyan,SE mengatakan, pembukaan calon pengawas TPS yang dibuka sejak tanggal 21 sampai 27 Mei kemarin hanya mendapatkan peserta calon pengawas sebanyak 201 peserta. Seharusnya dalam pembukaan pendataran per TPS dibutuhkan dua orang sebagai seleksi penerimaan. Namun karena minimnya yang daftar calon pengawas TPS yang sudah mengikuti seleksi dan wawancara akan dilakukan pelantikan. "Seharusnya pas di pendaftaran per TPS 2 orang, tapi karena minim peserta jadi yang ada akan kita SK kan dan dilanjutkan pelantikan," jelasnya.

Sebelumnya kata dia, pembukaan pendaftaran sempat diperpanjang hingga tanggal 29 dan 30 Mei, namun karena tidak ada lagi peserta yang mendaftar, maka mau tidak mau pengurus panitia pengawas Kecamatan Klari langsung melaksanakan pelantikan yang akan dilaksanakan hari Minggu nanti di Desa Anggadita. "Sebanyak calon peserta pengawas TPS di Kecamatan Klari, karena sudah dianggap cukup kita akan langasung lantik usai mengikuti seleksi wawancara," ungkapnya.

Proses wawancara yang dilakukan di kantor pengawas wilayah Klari merupakan salah satu bentuk mengetahui sejauhmana integritas para calon pengawas TPS dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Serta mampu menjaga kinerja sesuai dengan undang-undang yang sudah ditentukan. "Proses wawancara dilakukan untuk mengetahui motivasi mereka sebagai pengawas TPS itu apa dan bisa melaksanakan tugas dengan baik," tuturnya.

Menurutnya, para calon pengawas TPS nanti selain menjadi pengawas dalam pelaksanaan pemilu, juga wajib melaporkan ketika terjadi pelanggaran di setiap TPS seperti adanya pengerahan masa dan money politik yang terjadi di lapangan. "Untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran di lapangan, jumlah TPS sebanyak 201 TPS akan diisi oleh pengwas TPS sebanyak 201 anggota, per TPS 1 pengawas TPS," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template