Pengantin Baru Wajib Buat Kartu Keluarga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengantin Baru Wajib Buat Kartu Keluarga

Pengantin Baru Wajib Buat Kartu Keluarga

Written By Admin Raka on Selasa, 26 Juni 2018 | 15.45.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Karawang mengingatkan pengantin baru untuk melakukan pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang harus dirubah sesuai status setelah menikah.

Hal itu diungkapkan Kadisdukcatpil Yudi Yudiawan Senin (25/6) ketika disinggung perubahan status warga yang sudah melakukan pernikahan. Kecuali status pernikahan nomor induk kependudukan tidak mengalami perubahan. "Bagi pasangan yang sudah melakukan pernikahan wajib hukumnya untuk membuat KK, dan merubah KTP dikarenakan berubahnya status di KTP," ujarnya di kantor Disdukcatpil.

Dikatakan Yudi, bagi calon pemohon Kartu Keluarga yang akan dilakukan pasangan usai menikah diharuskan melalui prosedur sebagaimana biasanya yang dilakukan seperti pengajuan melalui RT, desa, serta kecamatan. "Bagi yang sudah menikah tetap prosedurnya mengajukan permohonan melalui RT, desa dan kecamatan serta membawa buku nikah," katanya.

Yudi juga menambahkan, bagi pasangan calon yang akan melakukan permohonan Kartu Keluarga diwajibkan juga untuk merubah KTP bagi istri dan suami yang telah menikah secara sah. "Pasangan yang sudah menikah bukan hanya wajib membuat Kartu Keluarga baru tetapi juga membuat KTP baru untuk merubah status yang ada di KTP miliknya," ucap Yudi.

Masih disampakan Yudi, bagi para pasangan yang telah menikah diperbolahkan untuk langsung melakukan perubahan secara pribadi tidak lagi dengan keluarga asalnya untuk pembuatan Kartu Keluarga, tetapi akan lebih baik jika dokumen yang dilakukan perubahan dilakukan secara bersama ke Disdukcatpil. "Untuk perubahan Kartu Keluarga di keluarga, baik laki-laki dan perempuan boleh langsung dilakukan perubahan secara bersamaan atau boleh hanya keluarga tersebut saja, tetapi akan lebih baik jika dilakukan secara bersamaan," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template