Pengamanan di TPS Longgar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengamanan di TPS Longgar

Pengamanan di TPS Longgar

Written By Admin Raka on Kamis, 21 Juni 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA, RAKA– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purwakarta berpotensi rusuh di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal ini dampak dari tidak adanya anggaran pengamanan linmas atau hansip. Padahal TPS merupakan titik paling krusial dan membutuhkan pengamanan dari wilayah setempat.

“Berpotensi rusuh bisa jadi, karena kalau konflik sudah terjadi. Konflik masalah pilkada ini sudah terlihat nyata di media sosial, tapi kami sangat tidak berharap terjadinya rusuh di TPS-TPS,” kata ketua LSM Gerakan Masyarakat Peduli Bangsa, Asep Saepudin, baru-baru ini.

Penyebab utamanya, tambah Asep, anggaran untuk hansip sebagai ujung tombak pengmanan di TPS tidak ada. Beberapa waktu lalu hal ini sudah disampaikan Kabid di Satpol PP yang membawahi bidang linmas, bahwa KPU tidak menganggarkan pengamanan untuk hansip. “Ini sangat riskan tentunya, bila tidak segera dibuat jalan keluarnya potensi rusuh di TPS lebih tinggi. Kecuali bila pengaman dari Polri dan TNI ada di setiap TPS,” beber Asep.

Walaupun nanti pada pelaksanaan pencoblosan ada dua orang disetiap TPS dari unsur masyarakat, tapi tidak spesifik disebutkan siapa yang jadi keamanannya ini sangat riskan. “Bisa saja dua orang unsur masyarakat yang diperbantukan tidak netral atau dari tim sukses salah satu calon, itu malah akan menjadi riskan terjadinya gesekan dan memicu rusuh di TPS,” tambah Asep. (adw/pjs/rk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template