Pemilihan BPD Harus Transparan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemilihan BPD Harus Transparan

Pemilihan BPD Harus Transparan

Written By Admin Raka on Senin, 11 Juni 2018 | 14.30.00

CIAMPEL, RAKA - Peran dan fungsi adan Permusyawaratan Desa (BPD) di Karawang dinilai masih lemah. Bahkan cenderung diatur oleh kepala desa. Padahal fungsi BPD diantaranya mengontrol kinerja pemerintahan desa.

"Banyak BPD yang sangat patuh pada Kades, padahal harusnya mengontrol kinerja Kades," kata tokoh masyarakat Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, Zenal Abidin, kepada Radar Karawang, Jumat (10/6).

Menurutnya, penyebabnya adalah karena dalam pemilihanya tidak dilakukan dengan benar. Bahkan cenderung hanya dicatut namanya untuk memenuhi kursi lembaga yang disediakan. "Asal catut aja, tidak melihat kualifikasinya, yang penting pro dengan kades," ujarnya.

Oleh karenanya dia meminta agar dalam pelaksanaan pemilihan BPD yang saat ini sudah masuk tahapan penjaringan. Seharusnya bisa dijalankan dengan baik dan tidak ada orang titipan untuk duduk sebagai BPD. "Harus benar-benar hasil musyawarah dusun, dan yang jadi harus benar-benar bisa mewakili masyarakat di dusunnya," ujarnya.

Untuk kepala desa, tambah Zenal, jangan parno saat ada BPD melontarkan pertanyaan soal realisasi anggaran yang masuk ke desa. Bahkan termasuk soal draf SPJ, RKPDes, APBDes dan lain sebagainya harusnya BPD juga memilikinya. "Karena bagaimana mau melakukan pengawasan, kalau besar anggarannya saja tidak tahu, rencana pembangunannya tidak tahu," tambahnya.

Berdasarkan informasi yang didapatnya, saat ini harus sudah pada tahap penjaringan, karena tahapannya dalah tanggal 1-10 Juni penjaringan, penetapan calon 11-13 Juli, Musyawarah Dusun 16-31 Juli. untuk persyaratannya sendiri pendidikan minimal SMP, usia minimal 20 tahun dan tidak menjabat BPD tiga kali. "Tahapan dan persyaratan sudah ditetapkan oleh Dinas Desa (DPMD) kan, panitia di desa tinggal mengikuti agenda yang sudah di tetapkan saja," ujarnya.

Dia berharap, siapapun yang terpilih menjadi BPD, nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan bisa membantu pembangun Desa Mulyasejati untuk lebih maju lagi. "Semoga hasilnya yang terbaik, dan bisa membawa kebaikan untuk Desa Mulyasejati," pungkasnya.

Kepala Desa Mulyasejati, Jumadi mengaku sudah membentuk panitia 11 untuk pemilihan BPD. Panitia tersebut terdiri dari 7 kepala dusun dan 3 tokoh masyarakat. "Semuanya sesuai dengan aturan. Panitia sudah berjalan untuk melakukan penjaringan," ujarnya.

Menurutnya, secara efektif, panitia akan berjalan setelah lebaran. Untuk jumlah BPD yang akan ditetapkan sebanyak 9 orang. "Semuanya ada 7 dusun , untuk dusun yang jumlah penduduknya banyak kemungkinan akan diambil dua BPD," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template