Pemilih Difabel Bisa Mencoblos - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemilih Difabel Bisa Mencoblos

Pemilih Difabel Bisa Mencoblos

Written By Admin Raka on Kamis, 21 Juni 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta telah menyediakan sebanyak 215 template braile untuk pemilih difabel. Ratusan template tersebut, nantinya akan disebar di 209 TPS di wilayah Kabupaten Purwakarta yang terdapat pemilih difabelnya. Selain template braile, KPU juga menyediakan model C3 yang merupakan surat pendamping bagi pemilih yang berkebutuhan khusus tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ramlan Maulana mengatakan, template braile tersebut merupakan alat bantu coblos bagi masyarakat difabel. Berdasarkan pendataan, ada 209 TPS yang akan dikunjungi oleh warga berkebutuhan khusus tersebut. Makanya, alat dan surat pendamping pemilihnya juga telah dibedakan. "Logistik untuk warga difabel ini sudah standby di kantor KPU," ujar Ramlan.

Akan tetapi, khusus untuk C3 hal itu tersedia di seluruh TPS. Adapun jumlah TPS yang tersebar di Kabupaten Purwakarta, mencapai 1.492. Dengan jumlah surat suara berdasarkan DPT mencapai 669.835 eksemplar. Terkait dengan surat suara, lanjut Ramlan, tidak ada perbedaan. Melainkan, suratnya sama saja, baik untuk warga biasa maupun masyarakat difbel. Yang membedakannya hanya template braile dan surat pendampingnya saja. "Surat suara sudah beres dilipat dan disortir. Saat ini, tahapan hampir mendekati finishing. Karena sepekan lagi sudah memasuk waktu pencoblosan," ujar Ramlan.

Sementara itu, Diman (56) penyandang difabel asal Gang Beringin, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta, mengaku, dirinya sangat lega dengan adanya alat bantu yang disediakan KPU. Apalagi, pada pilkada serentak 2018 ini, ada dua momen bersejarah bagi warga Purwakarta. Yaitu, pemilihan bupati dan wakil bupati, serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur. "Jadi, kami akan berupaya untuk menunaikan hak pilih pada pilkada serentak ini," ujar pria yang berprofesi sebagai tukang pijat ini.(gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template