Pembangunan Desa Tegalsari Tertinggal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembangunan Desa Tegalsari Tertinggal

Pembangunan Desa Tegalsari Tertinggal

Written By Admin Raka on Kamis, 28 Juni 2018 | 17.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Dua bulan terakhir Kades Tegalsari Nana Suraya ditahan dan menjalani masa sidang akibat dugaan penipuan jual beli sawah. Pasca peristiwa itu status pemerintahan desa dilanjutkan pelaksana tugas kades yakni sekretaris desa Tegalsari. Sayangnya, optimalisasi kinerjanya belum terlihat dan program-program pembangunannyapun banyak yang masih tebengkalai.

Sementara PLt Kades Tegalsari Awang mengatakan semua bantuan tertahan tidak bisa turun setelah kades ditahan dan menjalani sidang akibat dugaan kasus penipuan. Sejumlah pembangunan dan pemberdayaan desa diakuinya terbengkalai, karena pihak DPMPD juga masih menunggu status kades untuk melanjutkan sejumlah bantuan yang turun ke desa.

Diakui Awang, DPMPD tidak mau gegabah soal bantuan dengan kades yang sedang dalam perkara, sehingga sampai saat ini sebutnya, banyak bantuan yang belum turun disaat desa lain sudah nyaris tuntas. Ia merinci seperti Dana Desa, Bantuan Gubernur (BanGub) dan lainnnya, kecuali Alokasi Dana Desa (ADD) yang kabarnya sedang diupayakan cair, karena menyangkut hak para perangkat desa. "Kita kerja normal saja melayani warga, cuma bantuan dan dana transfer desa ini tak bisa cair," ucapnya.

Itu semua, sebut Awang bisa dimaklumi karena kondisinya memang sedang seperti itu. Apalagi memang diakui Awang, semua SPJ tahun sebelumnya terbengkalai, ia pahami kehati-hatian DPMPD dan Bappeda, tapi disisi lain masyarakat desa sedang butuh realisasi pembangunan yang optimal. Karenanya, ia berharap, ada keringanan atau jalan keluar kaitan persoalan ini." Kita faham, dana gak cair juga selain kades sedang ditahan, juga SPJ banyak terbengkalai," katanya.

Camat Cilamaya Wetan Hamdani mengaku, pihaknya sempat gregetan karena sebelumnya SPJ Desa Tegalsari memang agak lambat. Belum tuntas SPJ, Kades sudah ditahan. Oleh karenanya, ia berharap bisa diupayakan jalan keluarnya. Kalaupun nanti ada kades baru setelah pemilihan, atau sebelum pemilihan ada Pjs, ia berharap Dana Desa dan BanGub bisa cair segera ." Apapun caranya, harus ada jalan keluar agar dana pembangunan Tegalsari ini bisa cair," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template