Pelayanan Hari Pertama Membludak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelayanan Hari Pertama Membludak

Pelayanan Hari Pertama Membludak

Written By Admin Raka on Jumat, 22 Juni 2018 | 13.30.00

KOTABARU, RAKA - Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelayanan hari pertama setelah libur
Lebaran di Kecamatan Kotabaru membludak. Adapun yang mendominasi pelayanan adalah pembuat kartu kuning.

"Hari pertama rame banget, yang paling banyak warga yang buat kartu kerja atau kartu kuning," ujar staf pelayanan umum Kecamatan Kotabaru Asep S, kepada Radar Karawang, Kamis (21/6).
Dia merincikan, yang datang ke Kecamatan Kotabaru untuk melakukan pelayanan adalah pemohon kartu kuning ada 19 orang, perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) 13 orang, pemohon Kartu Keluarga (KK) 12 orang. Sejak mulai dibuka pagi hari warga langsung ramai memadati meja pelayanan bahkan hingga sore hari. "Padahal tahun lalu tidak seramai ini. Mungkin karena bertepatan dengan siswa SMA/SMK yang lulus," ujarnya.

Hal itu bisa dilihat dari para pemohon kartu kuning yang paling banyak. Sedangkan kartu kuning itu merupakan salah satu syarat warga yang ingin melamar kerja di perusahaan. Maka tak heran jika setelah libur lebaran ini pelayanan berbeda dengan biasanya. "Setelah lulus sekolah, pastilah mereka pengen bekerja atau melanjutkan kerja. Mungkin ada juga yang nikah sih," tambahnya.

Menurutnya, jika melihat kondisi banyaknya warga yang datang ke kecamatan hingga sore hari. Maka diperkirakan di hari berikutnya juga masih banyak warga yang melakukan pelayanan. Oleh karenanya dia memastikan semua pegawai pelayanan yang ada di Kotabaru akan memberikan pelayanan yang terbaik. "Untungnya, kami dibantu siswa yang PKL. Jadi meski banyak warga yang datang bisa terlayani semuanya dengan baik," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk tahun-tahun sebelumnya tidak terdapat lonjakan pelayanan yang tinggi seperti saat ini. Sehingga pegawai pelayanan kecamatan tidak terlalu sibuk.  "Kalau tahun-tahun sebelumnya nggak kayak gini. Ini baru pertama kali," bebernya.

Disinggung mengenai dari mana saja yang melakukan pelayanan, dia menyampaikan, semuanya adalah warga Kotabaru. Karena meski Kotabaru merupakan kecamatan yang banyak diburu para pensatang, jika pendatang akan mengurus dokumen kependudujan dan sejenisnya harus membawa surat pindah dari kabupaten asal. "Sejauh ini semuanya warga Kotabaru. Belum ada pendatang. Kalau pendatang (mau buat kartu kuning) harus membawa surat pindah. Kalau tidak, kami tolak," ujarnya.

Kasi Yanum Kecamatan Kotabaru Muhamad Najib S, mengaku akan selalu menjaga kantor kecamatan agar proses pelayanan bisa berjalan dengan cepat dan lancar. Karena dokumen pengajuan warga tidak bisa diproses jika tidak dibubuhi tandatangan dirinya. "Harus tanda tangan kan, jadi harus standby di kantor," ujarnya singkat. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template