Pedagang Makanan Jangan Gunakan Bahan Berbahaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pedagang Makanan Jangan Gunakan Bahan Berbahaya

Pedagang Makanan Jangan Gunakan Bahan Berbahaya

Written By Admin Raka on Selasa, 12 Juni 2018 | 17.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Jelang datangnya Idul Fitri, kebutuhan masyarakat akan bahan makanan akan semakin meningkat. Pedagang diimbau, agar menjaga kebersihan dan menghindari penggunaan bahan berbahaya pada dagangannya.

Saat Ramadan, UPTD Puskesmas Kecamatan Purwakarta, melakukan sosialisasi pola makan yang sehat berimbang guna menekan jumlah masyarakat yang sakit saat berpuasa. Kepala UPTD Puskesmas Purwakarta Dr. Ano mengatakan, langkah tersebut diambil guna meeujudkan kesehatan masyarakat saat menjalani puasa. "Ini salah satu upaya promosi kesehatan, agar masyarakat tetap bisa bugar dan sehat walau sedang menunaikan ibadah puasa," kata ia, kepada wartawan.

Menurutnya, saat bulan puasa sering pola makan masyarakat berubah jadi tidak disiplin dan kurang memperhatikan kandungan serta keseimbangan gizi dan vitamin yang dikonsumsi. Masih kata Ano, aneka takjil dan menu masakan bermunculan saat Ramadan memancing selera, sehingga masyarakat tidak mengindahkan keseimbangan porsi makanan antara, karbohidrat, sayuran, protein, buah yang dimakan bahkan gula. "Saat berbuka, masyarakat sering memaksakan memakan makanan sesuai selera tanpa berimbang antara minuman manis, dengan sayuran dan buah, lemak dan sebagainya," ujarnya.

Harusnya puasa itu, tegas Ano, adalah momen menyeimbangkan kembali metabolisme tubuh selama ini yang tidak teratur dan asupan berlebih. "Makanya pengetahuan ini perlu terus diingatkan ke masyarakat lewat penyuluhan puskesmas manfaat puasa bagi kesehatan benar-benar terwujud," ujarnya.

Ia menyatakan puskesmas membuat liflet dan imbauan mengenai porsi asupan gizi makanan yang benar, saat berbuka untuk kemudian disampaikan dan diingatkan saat mereka datang berobat atau proses pemberian imunisasi di posyandu. Ia menyarankan sebaiknya saat berbuka ada buah, sayuran, protein dan karbohidrat, kurangi mengkonsumsi makanan berlemak serta hindarilah rokok. "Mengkonsumsi air mineral yang cukup saat berbuka dan sahur, adalah cara tubuh bisa tetap bugar," tambahnya.

Selain pola makan, puskesmas juga bisa mengingatkan masyarakat, khususnya pedagang agar menjaga kebersihan dan menghindari penggunaan bahan berbahaya pada dagangannya.(ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template