Pastikan Rumah Aman Sebelum Mudik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pastikan Rumah Aman Sebelum Mudik

Pastikan Rumah Aman Sebelum Mudik

Written By Admin Raka on Rabu, 13 Juni 2018 | 14.00.00

PURWAKARTA,RAKA- Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, mengatakan, bagi masyarakat Purwakarta yang berencana melakukan mudik lebaran 2018, hendaknya sebelum meninggalkan rumah harus dicek dan pastikan dalam keadaan aman.

"Saat akan berangkat mudik, usahakan meninggalkan rumah dalam keadaan aman. Contohnya mematikan semua sumber api, seperti kompor dan juga listrik," katanya, di posko BPBD Pos Pengamanan Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Senin (11/6).

Secara khusus, Wieby panggilan akrab Wahyu, menyarankan masyarakat melepas komponen tabung gas reguler. "Lepas selang dan regulator dari tabung dan kompor," ujarnya.

Menurutnya, tabung gas harus tetap terjaga dalam keadaan terbuka. Tabung gas tidak boleh dalam keadaan tertutup dan tidak ada pentilasi. Tak hanya itu,juga pastikan aliran listrik di rumah aman. Imbauan tersebut sengaja disampaikan, sebab potensi kebakaran biasanya terjadi selain faktor alam juga  keteledoran pemilik saat meninggalkan rumah dengan tidak memperhatikan sumber yang dapat menimbulkan kebakaran.

Sementara untuk penanggulangan, Wahyu menjamin kesiapsiagaan personelnya dalam rangka merespon segala bentuk bencana alam ataupun musibah seperti kebakaran dan lainya selama musim mudik lebaran. "Sampai lebaran dan sesudah lebaran personel kami siap merespon, apabila ada laporan warga terkait bencana termasuk kebakaran," katanya.

Wahyu menjelaskan, setiap hari terdapat 68 personel yang bertugas termasuk tim rescue di empat pos pemadam kebaran yaitu Pos Purwakarta Kota, Cikopo, Kecamatan Plered dan Kecamatan Wanayasa. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template