Pasar Biang Macet Jalur Mudik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasar Biang Macet Jalur Mudik

Pasar Biang Macet Jalur Mudik

Written By Admin Raka on Selasa, 12 Juni 2018 | 12.30.00

TELAGASARI, RAKA - Bagi pengendara yang hendak mudik menggunakan jalur alternatif Lamaran-Cilamaya-Cikalong, nampaknya harus siap-siap berhadapan dengan kemacetan di sejumlah titik pasar tradisional.

Parkiran yang sempit dan membludaknya warga pada sore hari, membuat lalulintas di sekitar pasar sesekali menjadi semrawut. Kondisi itu yang nampak di Pasar Wadas dan Pasar Talagasari. "Ada atau gak ada mudik saat puasa mah setiap sore pasti macet. Karena banyak PKL di pinggir jalan dan warga yang ngabuburit. Kalau sekarang ditambah pemudik, perempatan Pasar Wadas mah ya macet banget jadinya," kata pengendara asal Kampung Poponcol, Akbari (30) kepada Radar Karawang, Senin (11/6).

Menurut Akbari, wajar jika pasar jadi pusat kemacetan, karena ada perempatan di segala arah. Begitupun dengan kebutuhan warga berbelanja semakin membludak, seperti pakaian maupun keperluan sekolah. Ditambah kaula muda yang ikut ngabuburit keliling lintasan pasar. "Banyak faktor penyebab macet sih, sulit dihindari," katanya.

Kades Lemahabang Rusli Sumawinata mengatakan, kemacetan pasar sulit dihindari. Namun, sejak ada pengamanan oleh polisi dan anggota Linmas, semakin bisa terkendali dan terurai. Karena selain PKL yang posisinya dimundurkan dari pinggiran jalan, juga parkir-parkir liar harus ditindak. Karena selain ramai pengunjung pasar, para pemudik juga sudah mulai banyak bergerak. "Kita sudah turunkan Linmas agar tidak ada kemacetan lebih parah dan penertibannya," ungkapnya.

Kasie Trantibum Kecamatan Lemahabang Indra Kelana mengungkapkan, dalam pengamanan lebaran, Satpol PP hanya diperbantukan untuk membantu kepolisian. "Soal penguraian dan pengaturan lalulintas, sepenuhnya kewenangan pemerintah dan Dinas Perhubungan," tuturnya.

Dia melanjutkan, pihaknya hanya membantu di lapangan. Seperti membantu penyeberang jalan, pengaturan parkir di pasar dan yang menyangkut K3 sesuai Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2011. "Kita hanya diperbantukan saja, dan sepenuhnya siap mengatasi persoalan akses jalanan macet sesuai instruksi kepolisian dan Dishub," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template