Panwas Masih Tunggu Laporan Kecurangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panwas Masih Tunggu Laporan Kecurangan

Panwas Masih Tunggu Laporan Kecurangan

Written By Mang Raka on Jumat, 29 Juni 2018 | 17.44.00

KARAWANG, RAKA - Pencoblosan pemilihan gubernur Jawa Barat sudah selesai. Panitia penyelenggaran tinggal merekapitulasi surat suara. Namun, bukan berarti mulus begitu saja tanpa ada pelanggaran.
Pasanya, hingga saat ini Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Karawang masih menunggu laporan panitia pengawas (Panwas) kecamatan, apakah ada temuan pelanggaran pada saat pelaksanaan pemilihan gubernur Jawa Barat. "Pelanggaran ada tapi tidak krusial. Contohnya perhitungan diluar jadwal, sebelum jam satu sudah dihitung. Itu termasuk pelanggaran," ujar anggota Panwaslu Kabupaten Karawang Kursin Kurniawan kepada Radar Karawang, Kamis (28/6).
Diungkapkan Kursin, data pelanggaran yang masuk baru ada tujuh kasus. "Semuanya hanya bisa disanksi administrasi saja, bukan pelanggaran pidana," kata Kursin.
Ia melanjutkan, pelanggaran yang dilakukan dari Kelompok Penyelenggara Pemunggutan Suara (KPPS) karena menghitung surat suara sebelum waktunya. "Pelanggaran yang terjadi di daerah Cilamaya Wetan, di Desa Cikarang TPS 10, karena petugas KPPS melakukan penghitungan surat suara sebelum waktu pukul 12.40," ujarnya.
Mengetahui hal itu, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga (PHL) langsung menghentikan penghitungan suara di TPS tersebut. Selain itu, ketika ditanya SK nya, petugas KPPS tersebut tidak memilikinya. "Petugas juga tidak melakukan sumpah terlebih dahulu. Sampai saat ini kita masih menunggu laporan dari panwas kecamatan karena baru ada sebagian saja yang masuk," katanya.
Pelanggaran yang dilaporkan panwascam, kata Kursin akan dirapat plenokan di tingkat kabupaten. Apakah masuk dalam pelanggaran administrasi atau pidana. "Apakah memberikan teguran atau dibuatkan rekomendasi kepada hal lain. Kita belum ada pembahasan, akan seperti apa hukumannya," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template