Pabrik Tekstil Buang Limbah Sembarangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pabrik Tekstil Buang Limbah Sembarangan

Pabrik Tekstil Buang Limbah Sembarangan

Written By Admin Raka on Sabtu, 30 Juni 2018 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Pantas saja Sungai Citarum kondisinya semakin mengkhawatirkan. Karena masih ada perusahaan nakal yang sengaja membuang limbah ke sungai terpanjang di Jawa Barat tersebut.

Tengok saja yang dilakukan oleh PT Sinar Putra Hugitex di Jalan Curug, Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel. Perusahaan tekstil tersebut disegel Polres Karawang karena diduga seenaknya buang limbah ke Sungai Citarum. "Kita olah TKP, apakah ada unsur-unsur pidana dalam pengolahan limbahnya," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya kepada Radar Karawang, Jumat (29/6).

Kata Slamet, perusahaan tersebut diduga melakukan pengolahan limbah tidak sebagaimana mestinya. Berdasarkan hasil pengecekan, limbah dari perusahaan langsung dibuang ke anak Sungai Citarum. "Pabrik ini produksinya tektil, kita akan dalami berapa lama limbah ini dibuang. Nanti akan dilakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk menentukan kadar pencemaran dan baku mutu lingkungan," katanya.

Ia melanjutkan, kepolisian masih terus mendalami persoalan ini, mencari barang bukti, sehingga pemiliknya bisa dilakukan pemeriksaan. "Limbah yang ada adalah limbah cair. Limbah ini hasil dari laporan masyarakat sekitar," katanya.

Sementara itu, penjaga pabrik TN, yang meminta namanya disamarkan mengaku tidak tahu jika  ada pelanggaran pembuangan limbah di perusahaan yang dijaganya. "Perusahaan ini sudah lama ada sampai 20 tahunan, pabrik ini produksi batik. Kalau saya tidak tahu apa-apa," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template