Motor Pintar Layani Pondok Pesantren - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Motor Pintar Layani Pondok Pesantren

Motor Pintar Layani Pondok Pesantren

Written By Admin Raka on Kamis, 07 Juni 2018 | 14.30.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Rencana Pemerintah Kecamatan Telukjambe Barat untuk mengalihfungsikan motor pintar menjadi kendaraan pengangkut sampah belum terealisasi. Selain biaya perombakan untuk mengubah fungsi kendaraan yang tadinya sebagai perpustakaan keliling ternyata masih memerlukan surat resmi dari Dinas Perpustakaan Daerah.

"Hanya perlu sedikit perubahan dari bentuknya semula yang tertutup karena digunakan sebagai kendaraan yang mengangkut buku menjadi menjadi bak terbuka untuk mengangkut sampah. Tetapi tetap secara formal harus ada persetujuan dari Dinas Perpustakaan," terang Camat Telukjambe Barat Maman Suryaman, baru-baru ini. Camat menilai akan lebih bermanfaat jika dioptimalkan untuk kepentingan masyarakat, ketimbang dibiarkan rusak tanpa perawatan.

Untuk itu Maman, malah sudah menginstruksikan Kasi Trantib H. Ocang SH agar mengusulkan kepada Dinas Perpustakaan terhadap rencana perubahan penggunaan motor itu, agar bisa diubah peruntukannya. "Sayangkan, daripada tidak digunakan," ucap Maman.

Sementara Kasi Trantib H. Ocang SH mengaku sebelumnya bahkan dirinya sempat menjadi operator motor pintar sebelum kendaraan itu rusak. Setiap hari dia berkeliling sampai ke perkampungan, sekolah hingga pondok pesantren. Masyarakat pun antusias menyambut setiap kali kehadiran motor pintar ini. Cuma saja, diakui Ocang, variasi bukunya itu-itu saja sehingga yang membaca pun jadi bosan.

Masih dikatakan Ocang, motor pintar merupakan armada yang membawa ratusan buku berbagai macam judul, dan dioperatori petugas yang setiap hari berkeliling mendatangi warga dan anak usia sekolah dan pra sekolah. Motor pintar ini seluruhnya berjumlah 30 unit dan ada di setiap kecamatan. "Bukan hanya anak sekolah saja yang menjadi target motor pintar  tetapi juga ibu-ibu majelis taklim dan para santri yang menuntut ilmu di pondok pesantren," ucapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial H. Ubaidillah, Operasionalisasi perpustakaan motor keliling ini, sebetulnya untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap buku. Selain itu juga guna menumbuhkan minat baca anak-anak di pelosok Pedesaan. "Sasaran kita anak-anak PAUD dan TK, serta Sekolah Dasar. Program ini sendiri untuk menumbuhkan kecintaan terhadap buku sejak dini," kata Ubaidillah.

Diakui Ubaidillah, perpustakaan motor keliling telah beroperasi di lingkungan sekolah dasar termasuk PAUD secara bergantian sampai ke pelosok desa se Kecamatan Telukjambe Barat. Namun saat ini motor yang dipakai untuk mencerdaskan warga itu sudah tidak dipergunakan karena rusak.  "Wilayah Kecamatan Telukjambe Barat padahal sangat butuh sekali motor pintar untuk anak-anak, tapi kini bukan saja di kecamatan kami, tapi di semua kecamatan memgalami hal serupa. Bahkan kini dana operasional motor pintar sudah tidak disediakan pemkab," ucapnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template