Kuncen Singaperbangsa Minta Pelebaran Jalan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kuncen Singaperbangsa Minta Pelebaran Jalan

Kuncen Singaperbangsa Minta Pelebaran Jalan

Written By Admin Raka on Sabtu, 30 Juni 2018 | 18.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Area komplek Makam Adipati Singaperbangsa di Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, sudah semakin cantik setelah diguyur revitalisasi. Seiring lingkungan yang semakin asri dan khidmat, membuat para peziarah Makam para mantan Bupati Karawang tersebut semakin banyak dikunjungi. Namun, akses jalan menuju komplek makam yang sempit, membuat Juru Kunci makam berharap ada pelebaran jalan agar kendaraan tamu dan peziarah lancar di dua arah.

Kuncen Adipati Singaperbangsa Yahya Sulaeman mengatakan, setelah ada revitalisasi makam tahun kemarin dan lanjutannya ditahun ini, area komplek makam Adipati Singaperbangsa semakin asri dan cantik, bahkan jauh dari kesan angker. Kondisi ini, tentu saja membuat nyaman para peziarah, bahkan tak jarang jumlah peziarah setelah infrastruktur makam yang semakin baik, malah semakin banyak, baik dari dalam maupun luar Karawang, seperti Cirebon, Majalengka, Brebes bahkan wilayah Jawa.

Sesekali juga, para peziarah ini datang serombongan menggunakan bis. Sayangnya sebut Yahya, bis tidak bisa masuk area komplek makam, sebab selain gerbangnya yang sempit menuju makam dengan jarak 300 meteran itu, akses jalan dengan lebar kurang dari 4 meter akan menyulitkan sopir bis. Akibatnya, sebut Yahya, para peziarah harus rela jalan kaki sejauh 300 meter menuju makam. "Setelah sarana makam semakin dipercantik, jumlah peziarah semakin banyak volumenya, apalagi kalau bulan mualud, dan hari Kliwonan," katanya.

Yahya menambahkan, atas dasar itu, ia berharap ada realisasi pelebaran jalan dan memperbesar gerbang masuk ke kompleks makam. Namun, sebelum pelebaran, tentu saja perlu penurapan dahulu pinggirannya, sebab jalan tersebut letaknya diatas pemukiman warga. Terlepas dari hal itu, pihak desa sudah mengajukan, melalui Aspirasi Bupati langsung, agar jalan menuju komplek makam bisa diperluas, setidaknya kendaraan roda empat dari dua arah bisa lancar lalu lalang. "Kita ajukan melalui Aspirasi Bupati, semoga saja ada upaya pelebaran jalannya, itu agar kendaraan roda empat bisa lancar dua arah," katanya.

Lebih jauh Kades Sumurgede ini menambahkan, kalau akses jalan Pulobata - Manggungjaya melalui Dusun Pulowideng tuntas, sebenarnya bisa lebih bagus lagi, sehingga sehabis dari makam Syekh Quro, bisa diberi plang juga akses langsung menuju makam Singaperbangsa sekitar 3 kilometer, sayangnya akses dari sana juga masih belum tuntas sekitar ratusan meter lagi. Padahal, kalau tuntas ,bis besar bisa masuk lewat akses Wadas - Manggungjaya.

Karenanya, ia berharap, selain pelebaran jalan dan mengupayakan agar bisa bisa masuk komplek makam, akses dari Pulobata - Manggungjaya juga diharapkan selesai, sehingga membuat para peziarah mudah dan memiliki akses cepat dan nyaman menuju komplek makam para Bupati termegah di Jawa Barat ini. "Makam Manggung ini adalah makam Bupati termegah, maka seharusnya aksesnya selain bagus juga bisa diperlebar," ucapnya.

Anggota DPRD Karawang, Mulya Syafari mengatakan, pelebaran jalan ke komplek makam diakuinya sangat diperlukan sebagai wahana wisata sejarah dan kebudayaan, sebab diakui Dewan PBB ini, jalanan di sekitar lokasi itu terlalu sempit dan harus ada pelebaran. Kemudian jika mengandalkan jalanan Pulobata - Manggung melalui Pulowideng, Mungkin tidak akan tuntas tahun ini, sebab akses jalanan itu masih jauh, apalagi kerusakannya juga parah. Sehingga, jika mengandalkan aspirasi DPRD satu dua orang saja tidak cukup, perlu ada dorongan dari PUPR agar akses jalan Pulowideng itu bisa segera tuntas. "Kayaknya akses jalan jelek dari Pulobata - Manggungjaya itu tidak tuntas tahun ini, soalnya masih panjang, mungkin bertahap," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template