Kopel: Wadah Muda-mudi Pegiat Jurnalistik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kopel: Wadah Muda-mudi Pegiat Jurnalistik

Kopel: Wadah Muda-mudi Pegiat Jurnalistik

Written By Admin Raka on Kamis, 21 Juni 2018 | 17.30.00

PURWAKARTA, RAKA– Komunitas Pena dan Lensa (Kopel) merupakan komunitas yang tak asing lagi bagi kalangan muda di Purwakarta, apalagi berbicara tentang literasi, fotografi, dan videografi.

Ketua Kopel Hadi Ibnu Sabilillah menceritakan, awal mula terbentuknya komunitas tersebut di akhir tahun 2016, dia dan teman-teman membentuk Komunitas Jurnalistik Purwakarta (KJP), menggabungkan semua orang di UKM Jurnalis kampus, dan ekstrakulikuler sekolah-sekolah.
"Tujuan awal mulanya, KJP sendiri adalah melahirkan jurnalis yang jujur dan baik dan kaya. Nah, tak lama, saya menemukan semacam masalah. Ada banyak sekali pelajar dan anak muda yang memiliki macam-macam bakat, tapi kebingungan harus bagaimana mengekspresikan kemampuannya. Saya berpikir KJP sebenarnya bisa berkembang lebih besar, jika bisa mewadahi bakat dan potensi-potensi lain di luar jurnalistik," terang dia kepada wartawan.

Tak lama di awal April 2017, lanjut dia, bersama teman-teman KJP, dirinya menggelar mubes untuk mengubah haluan KJP. "Salah satu hasil mubes tersebut ya termasuk mengganti nama, dari Komunitas Jurnalistik Purwakarta (KJP) menjadi Komunitas Pena dan Lensa (Kopel) Purwakarta," terangnya.

Ia juga menceritakan, tujuan dibentuknya Kopel, pertama, karena di sekolah dirinya aktif di eskul jurnalistik. "Jadi begitu lepas sekolah, saya masih ingin menggelutinya secara profesional, dan saya terbayang bagaimana jika ada anak-anak yang lepas sekolah seperti saya? Bingung mencari ruang yang bakal mengasah bakat lebih baik, dan inilah yang mengantar pada masalah kedua," paparnya.
Kedua, tambahnya, di lingkungan profesional dirinya menganggap bahwa dunia jurnalistik di Purwakarta benar-benar merisaukan. "Saya melihat banyak sekali rekan seprofesi yang hanya memanfaatkan posisinya sebagai wartawan untuk memeras uang, meski tidak semua wartawan seperti itu sih," terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa tujuan sebenarnya dibentuk Kopel ingin menyampaikan bahwa kerja jurnalistik itu terhormat. "Jadi tujuannya itu menularkan pemikiran bahwa jurnalistik itu kerja terhormat. Jadi harus serius dan jujur," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template