KK dan Suket Syarat Wajib Melamar Kerja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KK dan Suket Syarat Wajib Melamar Kerja

KK dan Suket Syarat Wajib Melamar Kerja

Written By Admin Raka on Rabu, 06 Juni 2018 | 17.30.00

KARAWANG, RAKA - Kartu Keluarga dan Surat Keterangan (Suket) menjadi dokumen kependudukan terlaris yang dimohonkan masyarakat menjelang lebaran tahun ini ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil (Disdukcapil). Hal itu terjadi karena saat ini baik KK maupun suket menjadi dokumen wajib melamar pekerjaan di perusahaan pasca lebaran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Yudi Yudiana, Selasa (5/6) tidak menyangkal terkait tingginya jumlah pemohon kartu keluarga dan surat keterangan yang mengurus dokumennya itu ke Disdukcapil. Yudi sendiri tidak dapat merinci secara persis peningkatannya namun dia mengatakan hal itu terjadi karena terpengaruh momentum lebaran.

Masyarakat menginginkan urusannya bisa segera rampung sehingga bisa tenang ketika melaksanakan lebaran dan sudah tidak ada lagi ganjalan urusan. Terlebih lagi banyaknya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan setelah lebaran. Sehingga dua syarat utama melamar pekerjaan yakni KK dan Suket dipersiapkan lebih awal. "Jumlah pemohon dukumen seperti KK dan suket saat ini makin membludak, dan peningkatan itu terjadi setiap harinya," ujar Yudi di ruangan pelayanan KK.
Menyinggung pentingnya Suket dan KK saat ini bagi calon-calon pencari kerja, Yudi sendiri mengaku baru mengetahui kalau dua dokumen itu menjadi dokumen amat penting saat ini selain Kartu Tanda Penduduk. "Saya juga baru tahu sekarang kalau kartu keluarga dan suket saat ini jadi dokumen wajib untuk syarat masuk kerja di pabrik," ucapnya.

Dikatakan Yudi juga, kalau selama ini dengan semakin banyaknya masyarakat yang datang melakukan pelayanan ke Disdukcatpil, maka kuota dalam satu hari untuk pembuatan KK satu hari jadi itu telah ditambah. "Kemarin untuk KK 100 kuotanya yang ada di pelayanan satu hari jadi dan saat ini kita tambah jadi 150," katanya.

Dilanjutkan Yudi juga, sekalipun sampai saat ini pihaknya belum mengetahui jelas akan adanya keputusan hari libur dari pemerintah pusat, namun diakuinya jika pelayanan kepada masyarakat akan dilakukan sampai pada 12 Juni mendatang dengan catatan itu hanya berkaitan dengan perekaman kartu tanda penduduk (KTP). "Jumlah per hari rata-rata pembuat KK 125 kalau suket 400 sampai 500 per hari yang dikeluarkan Disdukcatpil," paparnya.

Bagi masyarakat Karawang yang membutuhkan dokumen kependudukannya selesai dengan cepat, maka diharuskan sebut Yudi dalam melakukan permohonan untuk dilakukan secara pribadi tidak melalui perantara. "Cukup datang sendiri membawa berkas yang dibutuhkan, sehari juga dokumen itu akan jadi asal persyaratannya telah lengkap," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template