Kasihan... Calon Buruh Berjubel di Kantor Disnaker - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kasihan... Calon Buruh Berjubel di Kantor Disnaker

Kasihan... Calon Buruh Berjubel di Kantor Disnaker

Written By Mang Raka on Jumat, 29 Juni 2018 | 17.42.00

KARAWANG, RAKA - Usai libur lebaran dan satu hari setelah pencoblosan pemilihan gubernur Jawa Barat, pencari kerja terlihat menyemut di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, Kamis (28/6) kemarin. Terlihat ratusan pencari kerja antre dari pagi sampai siang hari memberikan lamaran pekerjaan.
Seorang pelamar kerja, Dadang Awaludin (29) ingin agar warga asli Karawang bisa bekerja tanpa harus memilah masalah usia. "Saya mau tes di PT Mitra, meskipun usia sudah 29 tapi saya optimis mempunyai pengalaman usai bekerja sebelumnya di Toyota Indonesia," katanya kepada Radar Karawang.
Dirinya berharap aturan pemerintah yang sampai saat ini belum memprioritaskan pribumi Karawang bisa diubah. "Momen pilkada ini harapan saya pemimpin nanti bisa mendorong perusahaan agar tidak membeda-bedakan usia saat akan melamar, karena kami yang usianya di atas 35 ingin dapat lagi pekerjaan," katanya.
Kepala Disnakertrans Kabupaten Karawang Ahmad Suroto mengatakan, dari 20 ribu orang yang mencari kerja, pihaknya baru memasukan 7 ribu orang. "Tahun 2017 dari 37 ribu pencari kerja yang mengikuti seleksi melalui satu pintu di Disnaker, ditempatkan di perusahaan sebanyak 29.440 orang, 87 persen merupakan warga asli Karawang," ujarnya.
Ia melanjutkan, dari awal Januari tahun 2018 sampai bulan Mei, pelamar yang masuk ke Disnaker mencapai 20 ribu orang. Dan telah bekerja 7 ribu orang. "Target tahun ini minimal 20 ribu orang bisa ditempatkan di perusahaan," katanya.
Menurutnya, perusahaan-perusahaan telah memiliki kualifikasi yang dibutuhkan. Seperti umur dan pendidikan calon pekerja. "Kita sudah sepakat diutamakan untuk yang bekerja itu harus warga asli Karawang, sebagaimana diatur dalam Perbup No 8 Tahun 2016 tentang Perluasan Kesempatan Kerja,"  ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template