Karawang Adopsi Teknologi Pertanian Thailand - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karawang Adopsi Teknologi Pertanian Thailand

Karawang Adopsi Teknologi Pertanian Thailand

Written By Admin Raka on Kamis, 07 Juni 2018 | 12.45.00

KARAWANG, RAKA - Karawang bakal mencontoh Thailand dalam memenfaatkan teknologi pertanian. Terutama dalam penerapan dan pengembangan teknologi pertanian pascapanen.
Kepala Dinas Pertanian Karawang Hanafi mengatakan, Karawang perlu berkiblat ke Thailand yang berhasil menerapkan teknologi pertanian. Menurutnya, para petani di sana berhasil memaksimalkan hasil panen dengan memanfaatkan teknologi pertanian yang mampu meningkatkan kualitas beras.

Kata dia, dengan alat yang canggih hasil pengembangan teknologi pertanian, negeri tersebut mampu memproduksi beras yang signifikan, sehingga menjadi salah satu negara pengekspor beras papan atas di dunia. "Berdasarkan informasi, teknologi pertanian dari Thailand itu dapat meningkatkan kualitas beras, karena bisa meminimalisir pecahan beras," ujarnya, kepada Radar Karawang di sela-sela seminar Penerapan Pengembangan Teknologi Pertanian Pasca Panen di Kabupaten Karawang, Rabu (6/6).

Disebutkannya, alat tersebut dapat mendaur ulang hasil produksi padi menjadi silica powder (bahan kimia) yang bisa menghasilkan keuntungan. Karena bisa dipakai untuk memproduksi berbagai macam jenis, seperti ban, kaca, cat, obat-obatan dan lain-lain. "Teknologi itu dapat menguntungkan para petani, karana banyak manfaat yang didapatkan, sehingga bisa meningkatkan kesejahtraan," tambahnya.

Menurutnya, mengingat banyak manfaat yang didapatkan, dia menilai teknologi tersebut bisa diterapakan untuk pertanian di Karawang. Sehingga penghasilan petani akan semakin meningkat, karena dapat memproduksi beras yang berkualitas. "Tidak ada salahnya untuk mencoba alat pertanian tersebut. Akan tetapi, untuk memastikannya kita belum pasti, karena harus dipersiapkan terlebih dulu anggarannya," ungkapnya.

Sementara itu, President Group Of Maxtex Companies Tripop Boonmuan mengatakan, Thailand merupakan negara ekspor beras mor satu di dunia. Hal itu berkat kegigihan masyarakatnya dalam menciptakan teknologi pertanian selama 50 tahun. "Berkat mesin ini, Thailand bisa mengekspor beras nomor satu di dunia, karena teknologi ini bisa memproduksi beras yang berkualitas, sehingga petani Thailand pada sejatra, mampu membeli mobil dan membagun rumah," katanya.

Boonmuan berharap, Pemerintah Kabupaten Karawang dapat bekerja sama dengan pihaknya, agar beras Karawang semakin berkualitas, serta produksinya bisa meningkat signifikan yang pada akhirnya mempu meningkatkan penghasilan petani. "Saya harap mesin ini bisa digunakan untuk para petani Indonesia. Kami siap menyediakan mesin ini atau bekerja sama dengan pemerintah daerah Karawang," harapnya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template