Karangligar Perlu Jamban Sehat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karangligar Perlu Jamban Sehat

Karangligar Perlu Jamban Sehat

Written By Admin Raka on Jumat, 29 Juni 2018 | 18.19.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Penggunaan jamban sehat di Kampung Karangligar, Desa Karangligar, Telukjambe Barat sampai sekarang masih menjadi persoalan yang belum terentaskan. Padahal, sanitasi yang baik terutama pembuangan tinja mestinya menjadi hal yang patut mendapat perhatian serius karena terkait kesehatan masyarakat. 

"Persoalan jamban sehat masih jadi masalah serius dibanyak negara berkembang, seperti Indonesia. Sampai sekarang masih tinggi angka buang air besar pada sembarang tempat," ucap  Pemerhati Masalah Kesehatan dr. Hj. Ila Kulsumyahti, Kamis (28/6).

Dokter yang juga Kepala Klinik Assyuhada di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat menerangkan dampak buruk dari BAB pada sembarang tempat adalah penularan penyakit, mengingat adanya transmisi penyakit dari tinja. Berbagai penyakit menular seperti hepatitis A, polio, kholera, dan lainnya merupakan penyakit yang terkait dengan akses penyediaan jamban, dan sebagai salah satu indikator utama terjadinya pencemaran tinja ini adalah bakteri E.Coli.

"Proses pemindahan kuman penyakit dari tinja sampai inang baru dapat melalui berbagai perantara. Seperti air, tanah, makanan, tangan, atau serangga. Maka fungsi jamban yang sehat dapat mencegah berkembangnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kotoran manusia," ucap Ila. Sementara dampak serius membuang kotoran di sembarang tempat, lanjut Ila, menyebabkan pencemaran tanah, air dan udara karena menimbulkan bau.

Pembuangan tinja yang tidak dikelola dengan baik berdampak mengkawatirkan terutama pada kesehatan dan kualitas air untuk rumah tangga maupun keperluan komersial.  "Saya berharap pemerintah serius menyikapi persoalan jamban ini agar lingkungan dimana kita tinggaal jadi aman dari penyakit," tandas Ila.

Ila juga mengatakan banyak penafsiran sehat itu haruslah memiliki peralatan penunjang kesehatan yang lengkap dan memadai, sehingga tetap membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Menurut Ila, tidak harus demikian, langkah yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah penyakit adalah hanya dengan melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Namun sayang, harapan itu ternyata belum terpenuhi di sebagian wilayah di Kecamatan Telukjambe Barat. Hingga saat ini masih saja ada warga yang menggunakan jamban terapung dan kamar mandi di sungai. Hal itu justru akan berdampak bagi kesehatan warga sekitar yang gunakan air sungai tersebut, sementara beberapa warga di hilirnya masih gunakan air tersebut untyuk kebutuhan sehari-hari.

"Saya mau dimana lagi BAB, yang ada dekat dengan rumah ya sungai. Kami juga pengen punya WC tapi kan bangunnya butuh uang yang tidak sedikit. Sebenarnya pengen seperti orang lain punya wc sendiri agar nyaman dan kita bisa mandi di kamar mandi tertutup, tapi ya itu semua kan perlu uang," Papar Esih (54) Warga Kampung Karangligar. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template