Kacau! Bantuan Pangan Non Tunai Dikomersilkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kacau! Bantuan Pangan Non Tunai Dikomersilkan

Kacau! Bantuan Pangan Non Tunai Dikomersilkan

Written By Mang Raka on Jumat, 29 Juni 2018 | 17.40.00

KUTAWALUYA, RAKA - Program pemerintah berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diketahui sebagai program penggganti raskin atau rastra, sudah mulai berjalan di setiap desa di Kabupaten Karawang.
Namun, hal tersebut diduga dijadikan ajang meraup keuntungan bagi beberapa pihak. Dimana harga beras yang dibanderol masing-masing e-warung dinilai terlalu mahal. Dari Rp 110 ribu hanya mendapatkan 10 kilogram beras premium. Padahal kualitas beras premium di pasaran hanya berkisar Rp 8500 per kilogramnya. Hal itupun dikeluhkan oleh pemerintah desa.
Kepala Desa Mulyajaya Endang Macan Kumbang mempertanyakan harga beras BPNT yang terlalu mahal yaitu mencapai Rp 11 ribu per kilogram. Padahal dia membandingkan harga beras yang dia beli dari pasar harga 1 kilogram beras hanya Rp 8500. "Kualitas harga beras BPNT yang Rp 11 ribu sama dengan kualitas Rp 8500," katanya kepada Radar Karawang.
Bahkan parahnya lagi, pihak kecamatan atau Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) serta pihak bank tidak memberi penjelasan beras tersebut disuplai oleh siapa. "Sampai saat ini dari pihak mana pun belum ada yang mensosialisasikan tentang harga beras dan siapa yang menyuplai. Jangan sampai masyarakat dijadikan korban untuk kepentingan perorangan," tegasnya.
Dirinya menduga ada permainan dari pihak yang ingin meraup keuntungan dari program pemerintah tersebut. Namun, sebelum berlanjut, program tersebut harus segera diantasipasi. Pemerintah desa berharap pengelolaan dan suplai beras BPNT dapat dilakukan oleh masing-masing pemerintah desa atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang membeli beras kepada para petani lokal. Sehingga secara tidak
langsung dapat membantu petani menjual hasil pertanian mereka. "Apa salahnya petani lokal juga diikutsertakan dalam hal ini. Kita beli dari petani menggunakan kendaraan BUMDes, toh semua program akan berjalan," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template