Jika Jalan Utama Macet Cari Jalur Alternatif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jika Jalan Utama Macet Cari Jalur Alternatif

Jika Jalan Utama Macet Cari Jalur Alternatif

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Juni 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Kapolri, Jendral Polisi H.Muhammad Tito Karnavian, mengingatkan pemudik untuk tidak memaksakan menggunakan jalur utama jika dalam kondisi macet saat arus balik. Pemudik disarankan menggunakan jalur alternatif. Untuk memantau kondisi jalan, pemudik bisa mengases informasi dari media, baik media konvensional seperti televisi. radio atau cetak, maupun menggunakan media sosial (Medsos) dan sejumlah aplikasi tentang lalu lintas.

Untuk mengamankan arus balik Kapolri kembali melakukan kunjungan kerja untuk memantau langsung arus balik kendaraan usai lebaran 2018 di Pos Terpadu Cikopo Purwakarta Senin (18/6) lalu. Orang nomor satu di Kepolisian itu meninjau langsung jalur  dari Jawa Tengah , Jawa Barat, sampai dengan wilayah DKI Jakarta baik melalui jalur ruas jalan tol maupun ruas Jalan Arteri. Setibanya di Pos Terpadu Cikopo, Kapolri, mengatakan, hingga hingga pukul 16.00 WIB ada peningkatan volume kendaraan di Jawa Tengah namun belum signifikan, dengan demikian Kapolri akan mensiagakan semua jajaran selama tiga hari ke depan. "Ada berbagai cara bertindak atau mekanisme untuk menidak lanjuti arus mudik ini, diantaranya mekanisme paraturan pagar betis anggota, kemudian strategi contra flow serta strategi-strategi lainnya sudah kita siapkan di tiap-tiap titik," kata Kapolri kepada awak media, di Pos Terpadu Cikopo, Purwakarta.

Menurutnya, sesuai dengan penjelasan dari Kapolda Jawa Tengah (Jateng), kemungkinan terjadi perlambatan arus mulai dari Kaligendeng. Namun, ini di prediksi relatif akan lebih lancar dibanding arus mudik, karena tidak terlalu curam. "Dan titik perlambatan arus tersebut akan berpusat di Gerbang Masuk Pintu Tol Banyu Manik Jateng," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, demi kelancaran perjalanan dalam arus balik ini, masyarakat agar melihat betul informasi yang tersebar di media, baik media konfensional TV, Radio kemudian media sosial (medsos) juga sejumlah aplikasi tentang lalu lintas. "Jangan terlalu memaksakan jika jalur yang akan dilewati padat silahkan cari alternatif lain atau tunda dulu sampai hari berikutnya," katanya.

Selain itu, lanjut dia, siapkan kendaraan sebaik mungkin, sehingga tidak akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terhadap kendaraan. Karena sekali saja kendaraan mogok, maka akan berpengaruh pada kendaraan yang ada di belakang dan arus lalu lintas secara otomatis akan terhenti. "Kami berusaha semaksimal mungkin dengan semua stakeholder, dengan rekan-rekan TNI, Kementrian Perhubungan, pengelola tol, Kementrian Kesehatan, pertamina dan lain-lain demi kenyamanan masyrakat. Saya doakan semoga perjalanan anda lancar," tutupnya.

Diketahui, Giat Anev yang bersifat Internal tersebut dihadiri juga oleh Asop Mabes Polri, Menteri Perhubungan, Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jateng, Kapolda Jabar, PJU Mabes Polri, PJU Polda Jabar dan Pejabat Daerah Jawa Barat. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template