Jembatan Timbang jadi Rest Area - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Timbang jadi Rest Area

Jembatan Timbang jadi Rest Area

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Juni 2018 | 13.30.00

JATISARI, RAKA - Untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik Lebaran terutama yang melintasi jalur Pantura Jatisarim Karawang. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyiapkan sejumlah pelayanan, salah satunya rest area yang dibangun di jembatan timbang Balonggandu.

Kepala UPPKB Balonggandu, Ahmad Syukur, rest area yang berada di sebelah kiri jalur Jawa - Jakarta itu sengaja didirikan untuk memperlancar arus mudik dan balik yang melintas. Posko mudik tersebut akan difungsikan hingga 22 Juni mendatang. "Rest area ini mampu menampung ratusan motor dan kendaraan roda empat. Di dalamnya disediakan fasilitas makan dan minum serta ada pijat refleksi gratis," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, ada juga sejumlah petugas kesehatan yang siap siaga memantau serta memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik yang beristirahat di rest area ini. "Untuk pijat refleksi, kita telah mendatangkan alat sebanyak dua unit kursi pijat refleksi. Sementara, petugas kesehatan dan ambulans dari Dinas Kesehatan sudah siaga di lokasi," katanya.

Selain itu, rest area juga dilengkapi dengan toilet dan tempat istirahat serta tempat ibadah  bagi pemudik yang ingin berbaring maupun tidur untuk memulihkan stamina. Hal ini sangat diperlukan untuk mengurangi resiko pemudik kelelahan, sehingga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan selama arus balik. "Intinya memberikan kenyamanan kepada para pemudik, terutama yang mau balik ke Jakarta," ujarnya.

Syukur menambahkan, pengalihan fungsi jembatan timbang menjadi tempat peristirahatan  sesuai intruksi Kementrian Perhubungan. Karena jembatan timbang selama pemberlakukan arus mudik dan balik tidak melakukan operasi, sehingga hanya dijadikan check point. "Rest area jembatan timbang full digunakan sebagai tempat istirahat bagi pemudik terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor," tutupnya.

Berubahnya fungsi jembatan timbang menjadi rest area dinilai cukup membantu para pemudik, seperti disampaikan salah satu warga Balonggandu yang ikut memantau perkembangan arus mudik Lebaran, Agus Somantri menyampaikan, karena jembatan timbang Balonggandu memiliki halaman yang luas, maka para pemudiak bisa istirahat sejenak untuk melepas lelah. "Banyak yang mampir, ini pastinya sangat membantu para pemudik, saya juga kalau mudik sering mampir ke tempat-tempat istirahat," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, memang seharusnya lahan-lahan kosong yang ada di sepanjang jalur mudik dan balik Lebaran dijadikan tempat istirahat. Sehingga banyak pilihan untuk pengendara saat melintasi jalan tersebut. "Semakin banyak tempat istirahat semakin bagus. Jadi warga banyak pilihan untuk bisa melepas lelah," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template